Di Laporkan Ke DLH Terkait Bocornya Pipa Limbah pabrik kelapa sawit milik PTPN V PKS Tandun, DLH Kampar Langsung Turun TKP

 

 

Kampar, Riau :Selidikkasus.com-
Terkait bocornya pipa pembuangan limbah pabrik kelapa sawit milik PTPN V PKS Tandun pada beberapa waktu yang lalu, Yuneco selaku APM PKS Tandun menyampaikan bahwa untuk limbah pabrik kelapa sawit bukanlah limbah yang beracun dan tidak mengandung virus.

Hal ini disampaikan APM PKS Tandun Yuneco saat dikonfirmasi Awak Media terkait bocornya pipa pembuangan limbah milik PTPN V PKS Tandun tersebut.

Melalui pesan singkat WhatsApp (WA) Yuneco menjelaskan bahwa limbah pabrik kelapa sawit tidak beracun dan tidak mengandung virus.

“Untuk limbah pabrik sawit, bukanlah limbah yang beracun, bahkan sangat bagus untuk tanaman. Tidak mengandung virus, cari referensi dulu aja pak,” jelas APM PKS Tandun Yuneco.

Namun saat Awak Media konfirmasi terkait bocornya pipa pembuangan limbah tersebut, Manajer PKS Tandun bungkam dan tidak memberikan keterangan apapun. Melalui pesan singkat WhatsApp (WA) Manajer PKS Tandun justru menyuruh agar Awak Media konfirmasi ke pihak DLH.

“Bapak konfirmasi aja DLH,” jawaban Manajer PKS Tandun melalui pesan singkat WhatsApp.

Padahal sebelumnya, APM PKS Tandun Yuneco membenarkan terkait bocornya pipa pembuangan limbah pabrik sawit milik PTPN V PKS Tandun. Dirinya menjelaskan bahwa peristiwa bocornya pipa pembuangan limbah tersebut tidak sampai satu jam dan langsung diperbaiki.

Diberitakan sebelumnya, bahwa pipa pembuangan limbah pabrik kelapa sawit, milik PTPN V PKS Tandun, Kabupaten Kampar, Provinsi Riau alami kerusakan dan kebocoran, sehingga mengakibatkan limbah berwarna hitam dengan aroma yang sangat menyengat mengalir deras keluar melalui pipa yang mengalami kerusakan, pada Kamis (07/04/2022).

Berdasarkan bukti dari video saat terjadinya peristiwa tersebut, menunjukkan bahwa lokasi kejadian pipa pembuangan limbah yang bocor didekat pompa sungai dekat jembatan dan dipinggir jalan raya.

Video yang berdurasi 46 detik tersebut menunjukkan bahwa limbah berwarna hitam mengalir dengan sangat deras, keluar melalui pipa pembuangan yang mengalami kerusakan.

“Pipa limbah bocor, dekat pompa sungai, jalan raya dekat jembatan,” demikian suara yang terdengar dalam video itu.

Salah seorang warga yang enggan disebutkan identitasnya menyampaikan kepada Awak Media bahwa peristiwa bocornya limbah pembuangan pabrik kelapa sawit diperkirakan terjadi mulai tengah malam saat hujan lebat.

“Kejadian pipa limbah yang bocor itu diperkirakan tengah malam pak, saat hujan tengah malam,” ungkapnya.

Akibat peristiwa bocornya pipa pembuangan limbah pabrik kelapa sawit milik PTPN V PKS Tandun tersebut, akhirnya di laporkan ke Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Kampar dan langsung terjun langsung ke lokasi kejadian.

Mirisnya lagi pipa tersebut menggunakan pipa peralon yang mana sangat rawan dengan kerusakan, dan sampai berita ini di terbitkan hasil dari peninjauan oleh tim kabid pengaduan dan penindakan DLH kampar di lapangan belum ada keterangan konfrensi pres resmi.

(Tim)