Perkenalkan Kebudayaan, Siswa MI Miftahul Ulum 3 Study Tour Ke Malang

Perkenalkan Kebudayaan, Siswa MI Miftahul Ulum 3 Study Tour Ke Malang

Gresik- Mengenalkan kebudayaan serta religi, MI Miftahul Ulum 3 Pereng Kulon Bungah Gresik menggelar study tour ke beberapa tempat wisata yakni ke Makam Sunan Ampel Surabaya, Musium Singosari, Hawai Waterpack Malang serta Masjid Ceng Hoo Pasuruan.

Kegiatan yang di ikuti siswa kelas 5 dan 6 ini sebagai cara lembaga untuk mengajak siswa belajar di luar ruangan.

Di makam Sunan Ampel misalnya, siswa diajak tahlil dan memanjatkan doa, serta memaknai perjuangan wali songo dalam menyebarkan agama Islam di nusantara khususnya di Jawa Timur.

Kepala MI Miftahul Ulum 3, Mas kan ah mengatakan kegiatan study tour ini di gelar dua tahun sekali.

“Pesertanya siswa kelas 5,6 dewan guru serta pengurus yayasan,” katanya.

Maskanah menyatakan, berangkat rencananya pada bulan Pebruari, namun karena perkembangan Covid-19 ada peningkatan, akhirnya di tunda hingga bulan Maret.

Masih menurut Kepala Sekolah perempuan tersebut, tujuan dari study tour ini merupakan program sekolahan dalam memberikan pembelajaran di luar sekolah agar siswa mendapatkan suasana baru.

“Tujuan ziarah ke makam wali supaya siswa mengenal makam Auliya’ sejak dini agar kelak tidak terpengaruh dengan paham radikalisme sekaligus tidak mudah dalam membid’ahkan orang lain,” beber Maskanah.

Selain itu, tambah Maskanah siswa diperkenalkan berbagai alat kebudayaan di dalam musium Ganesa seperti benda benda peninggalan yang bertemakan kerajaan Singosari dan Majapahit.

“Banyak benda purbakala dan bersejarah seperti tembikar, uang kuno, wayang kulit,topeng, wayang golek, keris hingga patung Gajah Mada.

“Alhamdulillah siswa dapat pelajaran baru yakni diajarkan bermain gamelan,” tutupnya

Salah satu siswa Daffa Rafady Ahmad merasa senang bisa mengikuti study tour, karena selama pandemi tidak bisa kemana mana.

“Senang sekali bisa ikut studi tour. Pikiran rasanya fresh uda lama gak jalan jalan,” kata Rafa sambil senyum bahagia.
Lp-Fununul Ihsan