Ajeng Gladen Ageng Milad Al Fatih Archery Community (AAC) Surabaya, SD Berlian School GKB Sabet Juara

 

Gresik – Siswa-siswa SD Muhammadiyah 2 GKB Gresik (Berlian School) menyabet juara dalam panahan jemparing. Ajang Gladen Ageng Milad Ke-5 AAC yang digelar oleh Al Fatih Archery Community (AAC) Surabaya bersama Persatuan Panahan Tradisional Indonesia (Perpatri) di Sukarmed Park, Bumi Marinir Karangpilang Surabaya.

Di ajang lomba panahan tingkat provinsi itu,  Berlian School mengirim sebelas siswa. Jenjang kelas 1, 2, dan 3 kategori MI/SD se-Jatim, Inda Nur Naila Bramantya kelas III Korea Selatan berhasil menyabet Titis (juara) 3. Sedangkan Alesha Sabrina Sakhi Rosyadi kelas III Qatar menyabet Titis 6.

Untuk jenjang kelas 4, 5, dan 6 kategori MI/SD se-Jatim, Farisah Azzyati Zakirin kelas V Ahmad Dahlan menyabet Titis 5. Sedangkan Gita Rinjania Aristy kelas VI Bromo menyabet Titis 6.

Pelatih OST (sebutan populer ekstrakurikuler di Berlian School) Panahan Andik Gunawan menerangkan, awal-awal panahan di Indonesia itu tekniknya duduk. Pada ajang ini, kompetisi panahannya menggunakan teknik duduk.

“Pada zaman kerajaan di Indonesia, panahan jemparing itu menjadi hiburan para raja dan keluarga kerajaan,” kata Andik, Senin (24/1/2022).

Ektrakurikuler panahan menjadi salah satu pilihan ekstrakurikuler diantara 21 ekstrakurikuler lainnya di Berlian School. OST ini untuk memfasilitasi minat dan mengembangkan keterampilan seluruh siswa.

Devi Ratna Safitri sebagai guru pendamping lomba, masih mengingat bagaimana ekspresi kaget mewarnai wajah para siswa ketika mendengar namanya diumumkan jadi pemenang. Mereka yang disebut namanya merasa sangat senang dan bangga terhadap prestasi yang sudah diraih.

“Alhamdulillah ini semua berkat semangat anak-anak dalam berlatih dan pantang menyerah dalam lomba,” ujarnya.

Dia juga mengenang waktu latihan untuk persiapan lomba sangat singkat, “Anak-anak berlatih panahan di sekolah mulai sepulang sekolah,” terangnya.

Andik yang saat ini juga aktif melatih olahraga berkuda di Mitra Dakwah HBA Giri Gresik mengungkapkan semangat yang luar biasa dari anak-anak ketika berlatih. “Latihannya singkat, kurang lebih hanya empat kali pertemuan, tapi semangat dari anak-anak untuk berlatih luar biasa, sehingga Allah memberikan hadiah juara,” ungkapnya.

Inda sebagai peraih Titis III mengaku senang bisa ikut lomba panahan. “Saya sangat senang, tidak menyangka akan menjadi juara,” aku putri pertama dari pasangan Bramantya dan Muslimah Millati ini.

Apa yang dirasakan Inda senada dengan yang dirasakan ibundanya, “Saya tidak menyangka, ternyata usaha ananda membuahkan hasil dan awalnya saya tidak terpikir kalau sampai masuk tiga besar,” ujar Muslimah.

Kepala SD Muhammadiyah 2 GKB Gresik Fauzuddin Ahmad mengucap selamat atas perolehan prestasi para siswa Berlian School. “Tetaplah giat berlatih untuk bisa meraih prestasi lebih tinggi,” katanya.

Fauzuddin berharap, SD Muhammadiyah 2 GKB akan terus fokus mengembangkan ekstrakurikuler panahan sebagai salah satu olahraga yang disunnahkan untuk dikuasai umat Islam.
Lp-Fununul Ihsan

1 Komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*