Penipuan Via Facebook Kian Marak Ditengah Pandemi

 

Jakarta, selidikkasus.com
Kantor Cabang YLBH-GKI Cab. Nagekeo mendapat pengaduan masyarakat atas penipuan melalui facebook dengan akun bernama Rita Gibson yang berdomisili di Amerka Serikat.

Dalam melancarkan niat jahatnya, Rita Gibson mengaku seorang purnawirawan angkatan laut (AL) dan berdalih akan memberikan investasi modal usaha kepada para korbannya dengan syarat korbannya harus kawin atau menikah mengingat Rita Gibson adalah seorang janda.

Menyikapi hal tersebut, Ketua YLBH-GKI Cab Nagekeo Yonas Neja, SH memaparkan biasanya pelaku dan korban waktu yang sangat singkat perkenalan berlanjut dengan hubungan asmara.

“Biasanya pelaku dan korban dalam waktu singkat sejak perkenalan akan menjalin asmara, dan korban akan terpedaya dengan syarat administrasi tentang investasi itu dan korban akan bersedia memenuhi persyaratan yang diminta si pelaku yang seolah olah sedang mengembangkan usaha” papar Yonas Teja, SH.

“Dalam dalihnya pelaku sedang mengembangkan usaha dan memerlukan modal, dan pelaku melakukan pinjaman dana untuk modal tersebut, karban akan terus berulang ulang mengirimkan dana ke rekening pelaku sampai korban sadar tak ada pengembalian dan dan keuntunga yang di janjikan” lanjut Yonas.

Kebiasaan penipu melakukan kloning akun fecebook termasuk nama, foto profil, dan bahkan foto sampul dari akun orang lain.

“Jangan cepat percaya dengan orang yang kita kenal lewat facebook dan mengajak kita kerja sama, mengenai pengaduan ini nanti kita coba kumpulkan bukti bukti untuk kita kosultasi dan membuka laporan Polisi bersama para korban.” pungkasnya.

(Lp Tim Jakarta)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*