Wabup Parigi Moutong Resmikan KBN Binaan Lanal Palu

Sulteng- Wakil Bupati Parigi Moutong Resmikan Kampung Bahari Nusantara Binaan Lanal Palu Selasa,29 Juni 2021 sejak pukul 07.00 Wita Lapangan Pesisir desa Tambu Kecamatan Sausu Kabupaten Parimo Sulawesi Tengah 

Nampak Prajurit Lanal Palu dibantu Warga desa Tambu telah memepersiapkan acara dan segala kelengkapan menyambut kedatangan Wakil Bupati Parigi Moutong H Badrun Nggai SE  meresmikan Kampung Bahari Nusantara (KBN)

Komandan Pangkalan TNI AL Palu Kolonel Marinir Marthin Luther Ginting, M.Tr.Hanla sebagai penanggung jawab acara kegiatan peresmian nampak mengatur dan mengecek kesiapan rangkaian kegiatan acara peresmian.

Sekitar pukul 09.45 Komandan Lanal Palu menyambut Wabub Parimo di gerbang Kampung Bahari Nusantara (KBN) didampingi Perwira staff Lanal Palu, Kades Tambu dan masyarakat desa Tambu. 

Sebelum memasuki gerbang KBN Wabub disambut dengan tarian pedang dilanjutkan secara simbolis oleh Wabub didampingi Danlanal Palu melaksanakan pemotongan pita dan dipakaian Siga kepada Wabub Parimo dan Komandan Lanal Palu oleh perwakilan masyarakat yang turut menyambut di gerbang masuk Kampung Bahari Nusantara binaan Pangkalan TNI AL Palu. 

Sesaat kemudian Wabub diikuti Danlanal Palu menuju acara peresmian. Sebelum masuk tempat acara peresmian, Wabub disambut tarian Velegenjong dari masyarakat desa Tambu. 

Undangan yang hadir dalam acara peresmian KBK binaan Lanal Palu Kali ini hadir Asisten II Pemda Provinsi Sulteng mewakili Gubernur Sulteng, Kompol Gusti Akhmad,S.I.K. mewakili Kapolda Sulteng,Kasilog Korem Kolonel Moh Tadin, S.E.,M.M. mewakili Danrem 132/Tadulako,Asintel Kajati,perwakilan dari DPRD Provinsi Sulteng maupun DPRD Kabupaten Parimo,perwakilan dari Kodim Donggal,Forkopimda Kabupaten Parimo,Camat Sausu, Kades Tambu besera perangkat desa Tambu dan turut menyaksikan masyarakat desa Tambu kecamatan Sausu Kabupaten Parimo.

Acara dimulai dengan pembacaan doa oleh imam masjid Desa Tambu dilanjutkan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya. Pada rangkaian acara peresmian Wabub Parimo memberikan sambutan sekaligus meresmikan Program KBN. 

"Dalam sabutanya Wabub menyampaikan apresiasi dan sangat mendukung Program KBN ini. Dalam sambutan Wabub juga menyampaikan harapan kepada seluruh masyarakat untuk selalu menjaga kelesatarian bahari, Sambutannya 

Acara rangkaian peresmian berikutnya adalah Sambutan dari Komandan Lanal Palu. Dalam sambutannya Komandan Lanal Palu menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh fihak yang telah mendukung terlaksananya Program KBN ini. 

"Komandan Lanal Palu juga menyampaikan tentang Program Kampung Bahari Nusantara (KBN) dimana program KBN ini adalah untuk meningkatkan kesejahtaraan masyarakah pesisir desa binaan Pangkalan TNI AL palu melalui beberapa klaster, seperti  Klaster Kesehatan, Klaster Pendidikan, Klaster Pariwisata Klaster, Ekonomi dab Klaster kelestarian lingkungan. Dengan program dalam beberapa klaster tadi diharapkan bisa memanfaatkan potensi lokal untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa dalam binaan Pangkalan TNI AL Palu. 

Selesai sambutan Wakil Bupati Parimo didampingi Danlanal Palu dan Undangan meresmikan Rumah Pintar (Rumpin) dengan simbolis memotong pita sebagai tanda peresmian dan bisa digunakan oleh masyarakat desa Tambu yang telah selesai dibangun sebagai implementasi dari program KBN klaster Pendidikan.

Wakil Bupati Parimo didampingi Danlanal Palu diikuti undangan melaksanakan peletakan batu pertama pembangunan rumah adat kaili melaksanakan peninjauan kerajinan  anyaman tikar , rotan dan meninjau masakan khas daerah yang dilombakan. Beberapa saat kemudian 

Wakil Bupati Parimo dan Danlanal Palu secara simbolis melaksanakan Penhijauan dengan penanaman Alpukat dan Kemiri yang merupakan imementasi dari Program KBN klaster ekonomi dan pariwisata. Untuk klaster kesehatan, Wakil Bupati Parimo didampingi Danlanal dan Undangan juga meninjau Baksos KBN Lanal Palu berupa pengobatan dan khitan masal gratis.

Pukul 11.40 Wita, Wakil Bupati Parimo, Danlanal Palu dan undangan kembali ketempat untuk melaksanakan ramah tamah sambil menyaksikan implementasi klaster pariwisata berupa parade perahu hias nelayan, Diving transplatasi terumbu karang oleh Prajurit Lanal palu juga masyarakat desa tambu sambil nampak Paramotor yang melaksanakan flying pass di depan tenda tenpat acara peresmian Kampung Bahari Nusantara (KBN).

Perlu diketahui bahwasannya dalan seluruh rangkaian dan selama kegiatan peresmian Kampung Bahari Nusantara (KBN) binaan Pangkalan TNI AL palu ini tetap melaksanakan prosedur kesehatan pandemi Covid-19 dengan ketat sebagaimana yang dianjurkan oleh pemerintah.
Sub(Pen Lanal Palu)
Erni