Kapok! PT. CGG di Demo, PRT dan Arus- Morowali Meminta Kapolri Untuk Penyelidikan Ilegal Mining CGG

 

Morowali- Aksi unjuk rasa Perjuangan Rakyat Tertindas (PRT- Morowali) dan Aliansi Rakyat dan Buruh Bersatu (Arus- Morowali) di PT. Cahaya Ginda Ganda (CGG) Desa Siumbatu Kecamatan Bahodopi Kabupaten Morowali Provinsi Sulawesi Tengah, Senin(06/02/2023).

Adapun Tuntutan Aksi unjuk rasa yang disampaikan oleh Korlap Siddig Muharam,

1.Meminta kepada pimpinan PT. IMIP segera menutup semua pembelian ore dari PT. CGG dan PT. GMU yg diduga ilegal maining dan tidak sesuai SOP amanat UUD.

2. Pimpinan PT. CGG dan PT. GMU segera menghentikan aktifitas penambangan yg tdk sesuai SOP amanat UUD utk menyelamatkan kehidupan masyarakat Desa Lalampu, Desa Siumbatu dan masyarakat Kecamatan Bahodopi umumnya serta memperbaiki lingkungan dan jalan Trans Sulawesi yg dilintasi utk pemuatan material tanah (Ore).

3. PT. CGG segera menyelesaikan penyerobotan lahan perkebunan yang sudah dirusak tanamannya.

4. Pimpinan PT. GMU segera melakukan pertanggung jawaban atas korban warga perumahan Desa Siumbatu yang tertimbun lumpur hingga ke pekarangan rumah masyarakat hingga Sekolah SMP.

5. Meminta Kepala Kepolisian Republik Indonesia untuk melakukan penyelidikan atas indikasi Ilegal mining PT. CGG dan PT. GMU sistem jual beli ore nikel dgn menggunakan dokumen terbang yang berada di kecamatan bahodopi kabupaten Morowali.

6. Meminta menteri energi dan sumberdaya mineral RI untuk mencabut IUP PT. CGG dan PT. GMU karena terindikasi melakukan ilegal mining dan perambahan hutan secara terbuka sehingga mengakibatkan kerusakan lingkungan masyarakat lingkar tambang.

7. Apabila tuntutan kami dari point 1 sampai 6 tidak di Indahkan maka kami yang terhimpung dalam aliansi rakyat dan buruh bersatu ( ARUS) akan melakukan upayah hukum lainya dan akan tetap memproses permasalahan ini sampai tuntas.

Sementara itu Pihak keamanan TNI/Polri melakukan mediasi dan dilakukan pertemuan di kantor PT.CGG yang dihadiri Bpk.Malik Rudin (Humas PT.BMU),Bpk. Baja (Pimpinan PT.CGG), Kades Siumbatu, Danramil dan dalam pertemuan tersebut tidak mendapatkan solusi.
Pok aksi rencana akan kembali melakukan aksi dalam waktu yang belum ditentukan.

Red

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*