Dukung Peningkatan UMKM, Pendamping Beri Motivasi Poktan Peta Bumi Sejahtera

 

Banjarnegara — Guna meningkatkan kapasitas usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM), Pendampingan poktan (kelompok tani) Hery Hermawan memberikan motivasi kepada kelompok tani Poktan Peta Bumi Sejahtera.
Sekaligus penggalakan program ketahanan pangan
Bertempat diwisata dawuan
Jum’at (4/12/2022).siang

Pada kesempatan itu Hery mengimbau kepada Poktan Bumi Sejahtera mengupas permasalahan petani guna membantu Ekonomi kerakyatan meningkatkan kualitas peningkatan hasil produksi yang mereka buat.
Salah seorang dari petani kopi menyampaikan keluhannya terkait bahan baku dan cara pemasaran yang sampai saat ini masih didatangkan dari luar daerah, yang mengakibatkan biaya produksi menjadi tinggi.

Heri memaklumi kendala yang dihadapi kelompok tani, namun begitu, ia tetap menyarankan agar kualitas produksi tetap dipertahankan bahkan lebih tingkatkan lagi mutunya.

“Sepanjang kualiatas tidak diturunkan, masalah harga jual tentu sebanding dengan langkanya bahan baku,“ujar
Hery Hermawan

Para Kelompok tani (Poktan) juga mengucapkan terima kasih kepada Pendamping kelompok tani ikut terjun langsung serta membantu masyarakat.

Harapan dari poktan, agar pemerintah dapat melirik dan membantu hasil kopi lokal Desa dawuan, dalam proses pendistribusian baik didalam daerah maupun keluar daerah.

Dari pertemuan tersebut ada 6 poin yang dibahas dengan Poktan Peta Bumi Sejahtera hari jumat Tanggal (4/11/2022)

1.Peningkatan hasil produksi
2.Pengolahan lahan dan teknik pruning
3.Fasilitator Dum,alat pengupas,alat pangkas
4.Program mendunia kopi jenink
5.Perluasan lahan
6.Diskusi permasalahan petani

(One/awy)