LANAL PALU MELIMPAHKAN PROSES PEMERIKSAAN 2 KAPAL TANGKAPAN KEPADA UPP KELAS III KOLONODALE

 

Palu- Setelah sepekan lebih Lanal Palu melakukan proses pemeriksaan dan penyelidikan terhadap kapal TB. Buana Expres 8/BG. Golden Way 3308, & TB Transpacific 202/BG. Terang 05. Kapal tersebut merupakan hasil tangkapan KRI Diponegoro – 365 di perairan Teluk Lasolo pada posisi 030 37’ 31” LS – 1220 24’ 50” BT kapal tersebut ditangkap diduga kuat melakukan pelanggaran pelayaran.(14/5/22)

Selama dilaksanakan pemeriksaan dan pendalaman kepada ABK, muatan dan dokumen- dokumen kapal maupun muatan di dapat kekurangan berupa kelengkapan dokumen kapal. Dari beberapa kesalahan tersebut berupa kesalahan administrasi dan merupakan kewenangan KSOP (Kantor Syahbandar Otoritas Pelabuhan) termasuk dalam penjantuhan sanksinya.

Selanjutnya, bertempat dikantor UPP kelas III Kolonodale Morowali Utara dilaksanakan serah terima pelimpahan barang bukti. Dan penandatanganan berita acara dari Lanal Palu kepada KSOP yaitu berkas perkara kapal dan muatan TB. Buana Expres 8/BG. Golden Way 3308, & TB Transpacific 202/BG. Terang 05 serta dokumen dan jumlah Nakhoda 2 orang lengkap.

Kegiatan penyerahan tersebut dihadiri oleh Perwira Hukum Koarmada II Mayor Laut (KH) Meky,Perwira Hukum Lantamal VI Makasar Mayor Laut (KH) Aco Danposal (Komandan Pos TNI AL) Morowali Utara Lettu Laut (PM) Sugiarto, KUPP Kolonodale Bpk Masri Djafar, S.H dan staf KUPP Kolonodale Bpk Muharram Moh. Saleh.

Ditempat terpisah, Danlanal Palu Letkol Laut (P) M. Catur Soelistyono, S.H., CHRMP. Mengatakan Lanal Palu akan terus meningkatkan pengamanan dan pengawasan di wilayah kerjanya yang cukup luas di perairan Sulawesi Tengah dengan memanfaatkan sarana dan prasarana serta akan menindak tegas terhadap kapal-kapal yang melaksanakan giat illegal, khususnya bagi kapal yang memuat Minerba agar tidak diekspor keluar negri. Hal tersebut sesuai intruksi langsung Presiden RI. Ir. Joko Widodo kepada Bapak Panglima TNI yang diteruskan kepada Bapak KASAL terkait tindak pidana di Laut.

(Pen Lanal Palu)

Erni

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*