Bupati Manggarai Pimpin Apel Operasi Lilin Ranaka Di Mapolres Manggarai

 

Manggarai, Selidikkasus.com -Bupati Manggarai, Herybertus G.L. Nabit, SE, MA menjadi inspektur upacara dalam apel pasukan Operasi Lilin Ranaka 2021, yang digelar di halaman Mapolres Manggarai, NTT pada Kamis (23/12).
Apel pasukan tersebut dimulai pukul 08.50 wita dengan temaโ€Tingkatkan Sinergi POLRI Dengan Instansi Terkait, Dalam Rangka Memberikan Rasa Aman dan Nyaman Pada Perayaan Natal 2021 dan Tahun Baru 2022โ€ณ.

Dalam apel tersebut, Bupati Hery membacakan amanat dari Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri) Jenderal Polisi Drs. Listyo Sigit Prabowo M. SI.
Dalam amanat yang disampaikan Kapolri tersebut terdapat beberapa poin terkait jukrah dan penekanan gangguan kamtibmas dalam rangka mengamankan perayaan Natal 2021 dan Tahun Baru 2022 di seluruh Indonesia.
Adapun beberapa poin penekanan Kapolri sebagai berikut :
Pertama, kesiapan mental dan fisik yang sehat serta niatkan setiap pelaksanaan tugas sebagai ibadah kepada Tuhan Yang Maha Esa.
Kedua, melakukan pendeteksian dini dengan memetakan dinamika dan fenomena yang berkembang sebagai upaya antisipasi untuk mencegah aksi yang meresahkan masyarakat.
Ketiga, meningkatkan kepekaan, kewaspadaan, dan kesiapsiagaan dalam melaksanakan pengamanan serta antisipasi terhadap kemungkinan terjadi adanya aksi teror dan kriminalitas yang memanfaatkan momentum Natal dan Tahun Baru.
Keempat, melaksanakan pengamanan secara profesional dan humanis dalam memberikan pelayanan terbaik untuk melengkapi sarpras dan perlengkapan perorangan yang memadai serta melakukan penugasan anggota dengan buddy sistem.
Kelima, melaksanakan penegakan hukum secara profesional dan proporsional serta bertindak secara tegas namun humanis terhadap setiap pelanggaran hukum yang berpotensi menimbulkan gangguan kamtibmas.
Keenam, memantapkan kerja sama, sinergi dan soliditas semua pihak yang terlibat demi keberhasilan pelaksanaan operasi.
Ketujuh, tetap menjadi teladan bagi keluarga, rekan dan masyarakat dalam menerapkan protokol kesehatan untuk mencegah penularan Covid-19, yakni dengan memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak serta menerapkan pola hidup sehat dan bersih.

Selain penekanan Kapolri,terdapat beberapa prediksi gangguan kamtibmas yang harus diantisipasi,yakni ancaman terorisme dan radikalisme, ancaman sabotase, penyalahgunaan narkoba, pesta miras, aksi perusakan fasilitas umum,aksi kriminalitas seperti curat, curas, curanmor, dan tawuran antar kelompok pemuda atau antar kampung.
Selain itu, juga ada potensi kemacetan dan kecelakaan lalu lintas maupun ancaman bencana alam seperti banjir dan tanah longsor sebagai dampak dari musim hujan.

Turut hadir dalam acara Apel tersebut, yakni Kapolres Manggarai AKBP Ms Anton Widyodigdo,S.I.K, Pasi Ops Kodim 1612 Manggarai Kapten Inf.Roberto Karlos, Wakapolres Manggarai, Danki 2 Yon B Pelopor Brimobda NTT Manggarai IPTU Michael Seu,Kadis Perhubungan Kabupaten Manggarai, Para Kabag, Kasat, KBO dan Perwira Polres Manggarai serta peserta apel dari Kodim 1612 Manggarai, Brimob Pelopor Manggarai, Dalmas Polres Manggarai, Satuan Lalu Lintas Polres Manggarai, Staf Polres Manggarai, Gabungan Reskrim dan Intel Polres Manggarai, Satuan Pol PP.

Lp : Gregorius Antonius Bocok

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*