Terkait Mutasi Corona B117 Presiden Minta Masyarakat Tidak Khawatir

Jakarta,selidikkasus.com
Virus Corona B117 sudah terdeteksi masuk Indonesia,dan diketahui virus ini dibawa warga Karawang Jawa Barat yang merupakan pekerja migran Indonesia,namun Presiden Joko Widodo meminta masyarakat tidak khawatir dengan keberadaan mutasi virus tersebut.

“Bapak,Ibu Saudara saudara sebangsa setanah air,saya menghimbau Bapak,Ibu,Saudara semua untuk tidak perlu khawatir karena ditemukannya dua kasus positif Covid-19 dengan mutasi virus dari Inggris atau B117” kata Jokowi dalam pidato video yang juga diunggah kanal YouTube Sekretariat Presiden,Kamis 4/3.

Dua orang yang terpapar covid-19 B117 kini sudah negatif,dan presidenpun menyebutkan belum ada penelitian bahwa virus ini lebih mematikan dari virus Corona sebelumnya.

“Belum ada penelitian yang menunjukan varian lebih mematikan” ujar Jokowi.

“Pencegahan agar tidak tertular virus dengan varian baru ini juga telah kita lakukan bersama sama,untuk itu mari kita tetap disiplin jalankan Prokes dengan ketat” himbaunya.

Varian virus Corona ini ditemukan di Inggris akhir 2020 dan disebut lebih cepat menular sehingga Inggris sempat melakukan lockdown kerena jumlah kasus melonjak.

Tepat satu tahun Corona di Indonesia varian baru ini ditemukan,dua TKI yang baru kembali dari Arab Saudi diketahui terpapar virus Corona B117 dan mereka tiba di Bandara Soetta pada akhir Januari 2021 lalu.

Untuk menangkal mutasi virus SARS-Cov-2B117 yang telah teridentifikasi masuk Indonesia,satuan tugas penanganan covid-19 memastikan vaksin covid-19 asal perusahaan China Sinovac mampu untuk menangkalnya.

Untuk membentuk herd immunity atau kekebalan kelompok,program vaksinasi covid-19 sudah dimulai sejak 13 Januari lalu dan program ini menyasar 181,5 juta penduduk.

(LP Gun’s DKI Jakarta)