Silahturami Serta Tatap Muka Kapolda Maluku Dan Bawaslu

Aru Maluku Selidikksaus.com-Dalam rangka membangun kerja sama yang baik antara Polri dan Bawaslu,sehingga Kepala Polisi Daerah(Kapolda)Maluku melakukan Silahturami sekaligus tatap muka bersama Badan Pengawas Pemilu(BAWASLU)Kabupaten Kepulauan Aru.

Kapolda Maluku dan Rombongan tiba di Kantor Bawaslu Kab. Kep. Aru, Jl. Djalabil, Kel. Siwalima, Kec. Pulau² Aru selanjutnya dilakukan protokoler kesehatan oleh Staf Bawaslu dengan menggunakan alat pengukur suhu, dilanjutkan dengan Kapolda Maluku disambut oleh Ketua Bawaslu Kab. Kep. Aru AMRAN BUGIS, SE bersama Komisioner Bawaslu JORDAN BORO BAHY, S.H dan Sekretaris Bawaslu Kab. Kep. Aru FREDEK SOGALREY, SH.

Dalam pelaksanaan silahturahmi dilakukan tatap muka antara Kapolda Maluku dengan Pihak Bawaslu Kab. Kepulauan Aru.

Turut hadir dalam kegiatan tatap muka;

  1. Kapolda Maluku IRJEN POL Drs. REFDY ANDRI, M.SI
  2. Karo Ops Polda Maluku KOMBES POL ANTONIUS WANTRY YULIANTO, S.IK.
  3. Dir Intekam Polda Maluku KOMBES POL YOSEF SRIYONO, J.H. S. IK, M.H.
  4. Kabid Dokkes Polda Maluku KOMBES POL dr. AGUNG WIDODO, Sp. M.
  5. Kapolres Kepulauan Aru AKBP EKO BUDIARTO, S.IK.
  6. Komisioner Bawaslu JORDAN BORO BAHY, S.H.
  7. Sekretaris Bawaslu Kab. Kep. Aru FREDEK SOGALREY, S.H.

Ketua Bawaslu Kab. Kep. Aru, Amran Bugis, SE dalam sambutannya mengatakan,Sebelumnya Kami memperkenalkan diri, saya selaku Ketua Bawaslu Kabupaten Kepulauan Aru dan 2 komisioner Bawaslu dimana salah satunya sementara berada diluar daerah. Kami pihak Bawaslu mendapat suatu kehormatan atas kehadiran Kapolda dan kami ucapkan selamat datang.

Dikatakan,Bawaslu Kabupaten Kepulauan Aru telah melaksanakan tugas Pengawasan yang sesuai dengan jadwal dan agenda dari KPU. Dimana pihak Bawaslu saat ini melaksanakan Pengawasan pentahapan Kampanye dan Pelipatan Suara.

  • Agenda kedepan masih kita lakukan Pengawasan pada tanggal 09 Desember 2020, untuk mengawasi Pemungutan suara. Di Bawaslu ada Sentra Gakkumdu yang didalamnya ada unsur Kepolisian dan kami telah tangani beberapa laporan Tindak Pidana Pilkada dan sudah sampai pada keputusan.

Lanjutnya, Di Sentra Gakkumdu selalu solid dan tidak ada hal-hal yang memecah belah, kami melaksanakan tugas sesuai dengan keputusan bersama Polri, Bawaslu serta Kejaksaan. Kami berterimakasih ke Pihak Kepolisian, bahwa kami di Bawaslu telah melaksanakan tugas dengan tidak ragu karena terjamin keamanan di Sekretariat maupun di Komisioner.

Sementara Kapolda Maluku, IRJEN POL Drs. REFDY ANDRI, M.SI, dalam arahanya mengatakan, Yang saya hormati Ketua Bawaslu Kabupaten Kepulauan Aru dengan para Komisioner dan yang saya hormati Kapolres Kepulauan Aru serta Pejabat Utama Polda Maluku yang bersama-sama datang di Kabupaten Kepulauan Aru.

  • Salam bahagia untuk kita semua, semoga keberadaan bapak dan semua komisioner berjalan dengan baik, selalu dalam keadaan sehat. Kami sampaikan ke Bapak Ketua, bahwa kami datang di Kepulauan Aru ini adalah kunjungan yang pertama.

Di katakan, Ada 4 Kabupaten prioritas yang menjadi target kita kunjungi sebelum pelaksanaan di tanggal 09 Desember 2020. Memang kalo kita lihat waktu serah terima sangat singkat waktunya, tetapi mudah – mudahan dengan manejemen waktu yang kita atur sedemikian rupa, kami nanti bisa mengimbangi 4 Kabupaten.

  • Kita bisa silahturahmi dengan Pak Amran Bugis dengan semua Komisionernya, tentu kami sudah mengetahui bagaimana solidaritas antara Bawaslu, Polri dan Kejaksaan. Kemudian juga bagaimana menerima laporan-laporan dari masyarakat, dimana kita melihat logonya Bersama Rakyat Awasi Pemilu dan Bersama Bawaslu tegakan Keadilan, ini adalah komitmen atau janji serta bukti kesungguhan bahwa kita memang bersama rakyat untuk membangun kepulauan Aru ini, yang awalnya pada tahap Pemilu ini kita melakukan Pengawasan-pengawasan.

Lanjutnya,Sekarang kita sudah masuk pada tahap penyelenggaraan ke 8 yaitu Kampanye dan kampanye tinggal seminggu sampai tanggal 05 Desember 2020 serta tanggal 6 s.d 8 sudah masuk masa tenang, kemudian puncaknya pada tanggal 9 Desember 2020. Kami sudah banyak menerima laporan dan masukan dari bapak Kapolres dan mudah-mudahan dengan kebersamaan ini ada semacam garansi, bahwa Pemilu itu yang pemungutan suaranya akan berlangsung dalam waktu yang singkat ini pada tanggal 9 Desember 2020 bisa berlangsung dengan aman, tertib, damai dan lancar kita dapatkan ungkapnya.

Lanjutnya,Sesungguhnya sebagaimana saya sampaikan tadi di Polres, Pemilu ini adalah proses sebenarnya tujuan akhirnya adalah bagaimana membangun wilayah ini setelah pimpinan di Aru ini nanti ditentukan dan ditetapkan. Saya sudah menerima masukan bahwa memang disini ada 2 Pasangan Calon dan mudah-mudahan sampai saat ini semuanya berkontribusi, baik Pemerintah Daerah apalagi KPU, Bawaslu, Pasangan Calon, Pimpinan Partai pendukung kemudian simpatisan, Kader-kader dari Partai semua peduli akan kelangsungan Pemilihan Kepala Daerah ini aman, tertib dan lancar.

  • Kita dan masyarakat selalu menjaga Persatuan dan Kesatuan, jangan karena kita memilih pimpinan malah retak pada tatanan-tatanan tertentu, ini yang tidak kita harapkan. Bahwa kita tunjukan juga dalam Pengawasan yang begitu ketat, kita menampung semua masukan-masukan dari manapun, kita tunjukan pendewasaan dalam berdemokrasi tuturnya,

Dikatakan,kita mendorong juga semangat masyarakat dalam membangun daerah tanpa mencedrai pesta demokrasi ini yang kita harapkan dan mudah-mudahan segala sesuatu kami yakini bisa berjalan dengan baik, kalau penyelenggara Pemilu, kemudian pengawasnya begitu juga DKPP nya bekerja dengan maksimal sebagaimana dengan amanah yang diterima dan pertanggung jawabannya kepada Allah Yang Maha Kuasa kemudian pertanggung jawaban kepada masyarakat.

  • Mudah-mudahan ini sudah dilakukan oleh Bawaslu dengan segala kekuatan-kekuatan sampai pada tatanan depan dan saya yakin itu, demikian juga KPU nantinya kami juga akan bersilahturahmi dan itu juga pasti sudah memperkuat tatanan pelaksanaan sampai pada tatanan depan di TPS. Untuk itu juga kami sudah menyiapkan semua pengamanan, mudah-mudahan kekuatan pengamanan ini juga bermitra dengan TNI dan kami sudah melakukan komunikasi dengan Pangdam kemudian juga semua mitra-mitra terkait.
  • Polres memang kekuatannya tidak memadai, jika dihadapkan dengan keadaan yang sekarang, kita juga mengutamakan bagaimana protokol kesehatan itu berjalan dengan baik untuk itu adanya kebijakan jumlah pemilih di TPS yang ditetapkan dengan maksimal diangka 500 setiap TPS dan mudah-mudahan ini bisa berjalan dengan baik, kita bisa implementasikan dengan protokol kesehatan yang ketat. Kami sudah sampaikan kepada Kapolres, hal terpenting yang berkaitan dengan bagaimana Pemilu berjalan dengan baik, bagaimana implementasi protokol kesehatan ini dengan baik harus dimaknai betul oleh semua penyelenggara, semua pengawas, masyarakat kita, unsur-unsur yang ada di Pemda dan semua simpatisan serta kader dari Partai, sehingga betul-betul kedepan nanti tidak ada klaster-klaster baru yang timbul di TPS, PPS, PPK bahkan nanti di KPU dan Bawaslu.harapnya

Di akhir pembicaraan dirinya mengucapkan, Sekali lagi terimakasih pak Amran Bugis dan Komisionernya dan mudah-mudahan dengan kebersamaan dengan Tim yang terpadu, dengan komunikasi yang terbuka segala sesuatu tidak ada yang tidak bisa kita selesaikan sesuai dengan norma-norma dan aturan yang berlaku. Mudah-mudahan semangat kerja Bawaslu yang dipimpin oleh Pak Amran Bugis dengan semua Komisionernya tidak pernah luntur, tidak pernah luntur kebersamaan dan tidak pernah luntur dalam komitmen menegakan Keadilan Pemilu.ungkapnya.

Lp Kaperwil Maluku