Warga Rohul Tak Perlu Takut, Satu Pasien Terkonfirmasi COVID -19 di RS Surya Insani Sudah Sembuh


 

Rokan Hulu – Masyarakat tidak perlu khawatir berkunjung atau berobat ke Rumah Sakit (RS) Surya Insani, karena pihaknya sudah memberlakukan protokoler kesehatan.

Itu disampaikan Direktur RS Surya Insani Pasir Pangaraian, Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) DR.Ahmed.Mawardi.MKM, didampingi Humas  Wahyu dan staff lainnya, Selasa (7/7/2020) sore, di ruang media centre RS Surya Insani, Rohul ke wartawan.

Ahmed Mawardi juga menyampaikan hal penting terkait informasi mengenai COVID-19. Dimana satu orang terkonfirmasi positif COVID-19 di RS Surya Insani, yakni tenaga kesehatan CA telah diisolasi di RS Surya Insani. CA kini telah diizinkan pulang pada 4 Juli setelah hasil swab 2 kali negatif. 

“Swab kedua diambil 24 Juni 2020, dan hasil keluar 3 juli, lalu swab ketiga diambil 1 Juli dan hasil keluar pada 4 Juli. CA telah diisolasi sejak dinyatakan positif pada 22 juni 2020. Selama diisolasi, yang berangkutan dalam keadaan stabil, tidak ada gejala dan keluhan apapun terkait kesehatannya,” kata Ahmed Mawardi ke wartawan.
 
Selain CA, kini tambah Ahmed, seluruh karyawan juga sudah dilakukan swab 23 Juni sebanyak 109 orang, hasilnya keluar 1 Juli sebanyak 48 orang dinyatakan negatif. Menyusul 4 juli sebanyak 46 orang dinyatakan negatif,15 orang telah dikonfirmasi ke laboratorium biomolekuler RSUD AA. 

“Sepanjang dilakukan swab sampai hari ini tidak ada karyawan yang memiliki gejala terkait COVID-19. Sehingga saya menghimbau ke masyarakat, agat tidak perlu khawatir akan penularan COVID-19 di  RS Surya Insani karena kami sudah diperiksa hasilnya negatif dan kami sangat memperhatikan keselamatan seluruh pasien dalam penularan COVID 19,” kata Dr.Ahmed. 

Selain itu, managemen RS Surya Insani juga sudah berlakukan protokol kesehatan bagi setiap karyawan dan pengunjung yang memasuki kawasan RS Surya Insani. 

Juga setiap pengunjung yang memasuki RS, dicatat identitas, screening perjalanan dan pemeriksaan suhu tubuh di pintu masuk, serta diwajibkan menggunakan masker. Seluruh petugas kesehatan yang berhubungan langsung dengan pasien dilengkapi dengan APD sesuai standard. 

“Kita juga rutin lakukan desinfeksi terhadap seluruh kawasan RS Surya Insani, sehingga kami pastikan RS tetap aman untuk melakukan pelayanan kesehatan,” sebut Ahmed meyakinkan masyarakat. Juga diakuinya jumlah kunjungan pasien ke RS Surya Insani sejak adanya informasi karyawannya positif menyebabkan turunnya kunjungan dari 2500 per bulan, ada penurunan kunjungan pasien sekitar 30 persen. 

***(Alfian Tob)