Rumah Ama Ayu Gea Di Binaka, Hangus Terbakar

Selidikkasus.com (GUNUNGSITOLI) Rumah milik Masati Gea alias Ama Ayu warga Desa Binaka Kecamatan Idanoi Kota Gunungsitoli Provinsi Sumatera Utara hangus terbakar pada hari Minggu, 21/06/2020 sekitar pukul 12.45 wib.

Pada insiden ini tidak ada korban jiwa namun rumah dan seluruh harta benda yang ada didalamnya hangus terbakar oleh si jago merah.

Menurut penuturan korban (Masati Gea) yang seorang purnawirawan pensiunan TNI-AD dan istrinya Pdt. Rosmina Batee, S.Th, Pendeta jemaat di Gereja AMIN jemaat Simanaere kepada awak media Selidikkasus.com menjelaskan bahwa kejadian ini terjadi pada hari Minggu, 21 Juni 2020 pada pukul 13.00 wib. Sekitar pukul 09.00 wib kami berangkat ke Gereja, biasa sebelum bertolak dari rumah kami mengecek kompor, listrik untuk dipastikan bahwa tidak ada masalah atau aman. Lalu setelah pulang dari Gereja sekitar jam 12.00 wib kami mampir istrahat untuk makan siang dirumah orang tua di Desa Saewe Kabupaten Nias. Sekitar pukul 13.00 wib kami pulang ke rumah dan tiba-tiba ditengah jalan kami ditelpon oleh tetangga memberitahukan bahwa rumah kami sudah terbakar. Kaget dengar berita itu, kami langsung ngebut ke rumah dan setelah sampai ternyata rumah kami hangus terbakar semua, “jelas Masati Gea”

Dijelaskannya, menurut penuturan tetangga bahwa sumber api berasal dari belakang didalam rumah, namun yang herannya kami kenapa tiba-tiba ada api….sementara, sebelum kami berangkat ke gereja kami sudah pastikan kompor, cok listrik kami sudah copot semua, tapi itulah…kami juga bingung kenapa bisa terbakar, “tuturnya.

Masati mengaku, harta benda yang ludes terbakar antara lain, emas, uang, 2 unit sepeda motor, kompresor, 5 kulkas, 2 freezer besar, mesin cuci, laptop, printer apson, oven gas, surat-surat penting berupa sertifikat tanah, ijazah, surat penting lainnya dan banyak lagi harta benda yang tak ingat karena masih trauma dengan kejadian ini. Diperkirakan kerugian secara keseluruhan mencapai 2,5 miliar, “tandas Masati.

Lokasi rumah sudah dipasang police line dari Polres Nias dan untuk penyebab kebakaran masih dalam penyelidikan pihak berwajib. Api berhasil dipadamkan oleh petugas Damkar Kota Gunungsitoli dan dibantu oleh pemadam kebakaran milik Bandara Binaka sekitar pukul 14.00 wib.

Media Tim / red