BLT – DD Tahap l dan II Disalurkan Untuk Warga Desa Suka Jaya

Simeulue||Selidikkasus.com – Sebanyak 289 warga Desa Suka Jaya Kecamatan Simeulue Timur terima Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD) guna percepatan penanganan terdampak pandemi Covid-19 bagi masyarakat.

Alokasi sumber yang berasal dari Anggaran Dana Desa mengacu Peraturan Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Permendes) Nomor 6 tahun 2020 sebagai acuan penerima Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD) dan alokasi Dana Desa untuk penanganan Covid-19 juga telah diatur dengan Dana Desa dibawah 800 juta akan dialokasikan 25 persen, 1,2 Miliar akan di alokasikan sebesar 30 persen sedangkan Dana Desa diatas 1,2 Miliar pengalokasianya sebesar 35 persen.

Kepala Desa Suka Jaya Amrullah, SH mengatakan masyarakat akan menerima sebesar Rp.600.000,- tiap bulanya selama 3 bulan, namun Penyaluran Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD) Suka Jaya disalurkan untuk bulan april dan bulan mei dengan jumlah diterima per kepala keluarga Rp. 1.200.000, hal ini akan membantu penanganan kebutuhan masyarakat dalam menghadapi pandemi Virus Corona Disease 2019 (Covid-19).

Terutama bagi masyarakat  yang kehilangan mata pencaharian akibat wabah Virus Corona dan yang terdampak” terang Kades Suka Jaya

Menurutnya dengan bantuan tersebut penerima BLT-DD di Desa Suka Jaya Kecamatan Simeulue Timur akan merasa terbantu untuk meringankan beban kebutuhan masyarakat dari dampak Virus Corona.

Kades Suka Jaya Amrullah,SH berharap wabah yang sudah menjamur sedunia cepat berlalu dengan mematuhi himbauan pemerintah untuk kesehatan bersama, agar masyarakat bisa beraktivitas kembali normal,” tambah Kades.

Pada kesempatan yang sama Kepala Dinas DPMD Muhsin Ali mengatakan ” segyoya nya bantuan langsung tunai ini seharusnya disalurkan sebelum hari raya idul fitri, namun waktu dan ada beberapa verifikasi data dari kecamatan.

Kadis DPMD juga menambahkan barang kali jika ada nama bapak maupun ibu yang tidak terdata pada penerima BLT, kemungkinan ada masuk di data BLT ataupun BPNT

“Harapan semoga bantuan yang disalurkan ini dapat bermanfaat bagi masyarakat desa”

Sementara itu kata sambutan Camat Simeulue Timur Reiner Syahputra mengharapkan semoga bantuan BLT ini dapat bermanfaat bagi seluruh masyarakat dalam desa suka jaya, beliau juga menambahkan jangan ada dana BLT yang sudah disalurkan kepada masyarakat kemudian dipotong karena itu sudah melanggar aturan Permendes No 6 tahun 2020.

Camat Simeulue Timur juga menambahkan jika masih ada warga masyarakat didesa suka jaya yang belum terdaftar di BLT-DD, BST dan BPNT segera melapor melalui kepala dusun masing-masing.

Penyaluran bantuan yang dipusatkan di Masjid Ar -Raudah Desa Suka Jaya, Senin (08/06) turut dihadiri Kepala Dinas DPMD, Camat Simeulue Timur, Kepala Desa Suka Jaya, dan perangkat desa, para Kepala Dusun, Ketua BPD dan anggota, Tim Pendamping Desa Suka Jaya, Babinsa Koramil 01/Simeulue Timur.

Pelaksanaan penyaluran BLT-DD Pemdes Suka Jaya tetap mengedepankan Protokol kesehatan dengan menggunakan masker dan jaga jarak bagi setiap Penerima Keluarga Manfaat (KPM) BLT-DD.

Lap. Helman Koordinator Simeulue