Kadisdik Deli Serdang : Literasi Digital dan Pendidikan Karakter Penting Bagi Pelajar

Keterangan Gambar : Kadis Pendidikan Deli Serdang, Yudy Hilmawan, SE, MM (tengah) dan Ketua Literasi Digital Sumut, Indra Prawira, ST, MM berfoto bersama peserta pada kegiatan Literasi Digital di Pesantren Darul Arafah, Selasa (29/8)

 

 

 

 

Sumut- Kegiatan sosialisasi Literasi Digital dengan tema Pendidikan Karakter Gen Z di Era Digital dilaksanakan pada Selasa (29/8), di Pesantren Darul Arafah, Deli Serdang.

Kepala Dinas Pendidikan Deli Serdang Yudy Hilmawan, SE, MM yang menghadiri kegiatan menyampaikan pentingnya kemampuan digital untuk bisa berkompetisi di masa depan.

Tema pendidikan karakter bagi Gen Z menjadi topik pembahasan untuk memberikan penguatan karakter yang positif dan produktif sesuai nilai kebangsaan bagi generasi milenial. Penguatan karakter sangat penting agar iman dan ilmu dapat menjadi pondasi bagi pelajar, ujar Yudy Hilmawan.

Sementara itu, Ketua Tim Literasi Digital Sumatera Utara Indra Prawira, ST, MM menyampaikan bahwa kegiatan tersebut merupakan bagian dari Gerakan Indonesia #MakinCakapDigital dan Pendidikan Karakter bagi pelajar.

Bagian dari upaya bersama dalam penguatan karakter pelajar di tengah arus besar globalisasi dan digitalisasi. Karena literasi digital bukan hanya tentang kecakapan atau keahlian digital, tapi juga terkait etika digital, budaya digital dan keamanan digital, Indra Prawira menjelaskan.

Sebagai narasumber yaitu Dr. Astri Dwi Andriani, M.I.Kom. (Rektor UNPI Cianjur), Muriadi, SH, M.Pd (Ketua Dewan Pendidikan Kab. Deli Serdang), bersama Muhammad Hafidz Al-Furqan (Influencer, Kreator konten).

Kegiatan ini merupakan kolaborasi Kementerian Kominfo Republik Indonesia, Dinas Pendidikan Deli Serdang, Pengurus Cabang Nadhlatul Ulama Deli Serdang, Lembaga Perlindungan Anak Deli Serdang dan Pondok Pesantren Darul Arafah.

Kegiatan diikuti lebih dari 1.200 pelajar di Pesantren Darul Arafah dan secara online oleh pelajar SD di Kabupaten Deli Serdang.

Turut hadir di kegiatan Pengurus Yayasan Pesantren Darul Arafah H. Muhammad Hasan, SH, MH, Kabid Ketenagaan Dinas Pendidikan Deli Serdang Dr. Joemakir, MPd, perwakilan Kementerian Kominfo RI dan lainnya.