Momen HUT RI ke 78 Tahun, Pemdes Ketapong Lor Beserta Ribuan Warga Gelar Kirab Budaya Nusantara

 

Gresik- Berbagai cara dilakukan warga Gresik untuk mengisi Hari Kemerdekaan Republik Indonesia (HUT) ke 78 Tahun. Hampir setiap hari warga dipenjuru Kota Pudak ini di suguhi berbagai macam kegiatan dalam rangka menyemarakkan hari kemerdekaan.

Salah satunya seperti yang di lakukan oleh Pemerintahan Desa Ketapang Lor Kecamatan Ujungpangkah Kabupaten Gresik siang ini. Senin, (28/8/2023)

Gelaran pawai budaya nusantara tidak hanya di ikuti oleh ribuan warga, namun menariknya, seluruh unsur pemerintahan Desa mulai Kepala Desa, Perangkat, BPD dan LKD turut ambil bagian dalam semarak kirab budaya nusantara dalam rangka memperingati Kemerdekaan RI tersebut.

Beragam baju adat nusantara ditampilkan, mulai baju adat Betawi, Kalimantan Tengah, Sulawesi, Jawa, Sumatra dan masih banyak lagi. Terik matahari tidak menjadi penghalang bagi warga untuk tampil di acara ini, ribuan warga sangat antusias dengan kehadiran artis Rizna Amelia, hal ini menambah semangat para peserta.

 

Bak seorang raja In’am kades Ketapang Lor dengan gagahnya mengendarai kereta kencana dengan di iringi puluhan mobil tayo dibelakangnya. Start di depan Dalai Deza kemudian menyusuri rute yang sudah ditentukan panitia. Berangkat dari Desa Ketapanglor – Pangkah Wetan – Pangkah Kulon – Kemudian Melintas di depan Kecamatan Ujungpangkah menuju Desa Sekapuk dan kembali lagi ke Finish yang berada di depan Balai Desa Ketapang Lor.

Kepala Desa Ketapang Lor In’am mengatakan bahwa, pawai budaya nusantara ini dalam rangka menyemarakkan hari kemerdekaan RI ke 78, menumbuhkan rasa persatuan dan kesatuan antar warga sekaligus menjadi ajang melestarikan keanekaragaman kebudayaan yang ada di bumi Nusantara.

“Luar biasa ramainya. Masyarakat sangat antusias, saya kagum dengan kekompakan para peserta,” ungkap In’am.

Lebih jauh Kades dua periode ini menjelaskan, Dirinya beserta panitia sengaja mengambil tema mengangkat keberagaman baju adat yang ada di Nusantara. Jangan sampai kekayaan nusantara yang di wariskan para leluhur tergerus oleh perkembangan zaman.

“Kita harus bangga dengan bermacam macam adat budaya yang di miliki oleh bangsa Indonesia. Mulai adat istiadat, bahasa,dan tentu berbagai corak pakaian.

“Keanekaragaman yang kita punyai merupakan warisan yang harus tetap di jaga dan dilestarikan. Untuk diwariskan buat anak cucu kita. Majemuknya berbagai adat istiadat merupakan kekayaan Bangsa Indonesia,” pungkas In’am saat di konfir terkait kirab budaya di desanya.
Lp-Fn