Himbauan MUI Deli Serdang jelang Idul Fitri 1444 H.

 

Deli serdang- Rapat Koordinasi Lintas Sektoral Pengamanan Lebaran Tahun 2023 di wilayah hukum Polresta Deli Serdang yang dilaksanakan di aula Tribatra Mapolresta Deli Serdang senin 10 April 2023, yang dihadiri oleh Forkopimda, pimpinan OPD dan Kapolsek se Deli Serdang, Ketua MUI Deli Serdang menyampaikan himbauan dan saran antara lain :

Pertama, MUI menyampaikan apresiasi adanya sarana dan fasilitas rapat koordinasi pengamanan lebaran.
Kedua mengacu Fatwa MUI No. 24 Tahun 2021 menghimbau masyarakat tetap menjaga kesehatan dan kondusifitas wilayah Deli Serdang dalam melaksanakan ibadah pasca Ramadhan dan Idul Fitri.

Ketiga MUI menghimbau warga masyarakat untuk meningkatkan ibadah dengan niat syukur atas nikmat Allah SWT, nikmat iman, islam, umur panjang bertemu Ramadhan dan Lebaran serta sehat terbebas dari ancaman pandemi covid, dengan bertaktiran secara jahr dan sirr dengan mengindahkan kenyamanan warga setempat, bila melaksanakan takbiran keliling hindari jalan raya besar atau jalan lintas provinsi untuk menghindari kemudharatan yang tidak diinginkan, juga pelaksanaan shalat Idul Fitri jangan menghambat lalu lintas jalan masyarakat dalam kebutuhan sehari-hari.

Keempat MUI memohon bantuan Babinsa dan Babinkamtibmas yang selama ini mencatat pelaksanaan zakat fitrah di dusun dan desa agar tetap eksis melaksanakan itu, dan menekankan agar laporan bisa disampaikan juga ke Baznas Kabupaten untuk bisa menambah pendataan di luar margin bagi Baznas Deli Serdang.

Terakhir MUI menghimbau kepada para pengisi khutbah Idul Fitri dapat kira mengambil momentum syukur dengan saling menjaga ukhuwwah dan berdoa tolak bala agar masyarakat Deli Serdang dalam lindungan Allah SWT. menjadi wilayah yang tayyibah wa rabbun ghafur terhindar dari berbagai musibah termasuk menghindari adanya politik identitas (tidak berkampanye di dalam masjid) mengingat semakin dekatnya tahun politik 2024.