Cegah Tingginya Diska Pengadilan Agama Akan Gandeng TP2 P2 A Dinsos

 

Banjarnegara -Selidikkasus.com Kamis, 2 Februari 2023, Bertempat di Ruang Media Center Pengadilan Agama Banjarnegara telah dilaksanakan Silaturahmi dengan Advokat yg berpraktek di Banjarnegara, sebanyak Dari 22 Advokat Banjarnegara ada beberapa yang Hadir dari berbagai organisasi.

Kegiatan ini dilaksanakan pada pukul 13.30 WIB sampai dengan pukul 15.00 WIB yang diikuti oleh jajaran Pimpinan Pengadilan Agama Banjarnegara yaitu Ketua Pengadilan Agama Banjarnegara, Drs. H. M. Muhamad Dihan, M.H. didampingi Panitera, Helmi Ashari, S.H. serta turut didampingi 3 Hakim Drs H Sasmirudin, MH, Drs H Ihsan, MH Drs Salim, SH, MH. Kegiatan ini dimaksudkan dalam rangka silaturahmi sekaligus menyamakan pahaman dengan mitra kerja dengan Pengadilan Agama Banjarnegara. Salam pertemuan silaturahmi itu ketua Pengadilan Agama Banjarnegara mengatakan Permohonan Dispensasi Kawin (Diska) tergolong masih tinggi dari Tahun 2019 ada permohonan 433, tahun 2020 sebanyak 775 PP permohinan, di tahun 2021 sebanyak 865 tahun 2022 sebanyak 681.Seperti inilah masyarakat kita.

Mereka, sesungguhnya datang ke PA untuk mengajukan permohonan Diska ini, juga karena “terpaksa”. Hampir tidak ada yang datang ke PA dengan sengaja mengajukan permohonan Diska ini tanpa ada hal yang mendesak.

Menurut Muh Dihan untuk mengantisipasi terkait masih tingginya angka diska di Ke abupaten Banjarnegara, PA Banjarnegara akan menggandeng TP2 P2A Kemensos Kab Banjarnegara atau Komisi Perlindungan Anak Indonesia Daerah (KPAID) terkait syarat Diska yakni adanya Bimbingan dan Rekomendasi dari. PP psikologi anakb yang memohonkan Diska sebagai wujud Perma No 5 tahun 2019 yang disahkan 20 Nov 2019 tentang standarisasi Proses persidangan Diska.

” PA Banjarnegara. Akan menggandeng P sikolog dari TP2 P2A atau KPAID Banjarnegara sebagai no syarat pengajuan Permohonan Diska “tegasnya dalam pertemuan itu. Pertemuan silaturahmi dengan para advokat Banjarnegara ini diharapkan sebagai penyamaan pemahaman rule of the game tata cara beracara di Pengadilan Agama Banjarnegara.” Jadi ajang silaturahmi ini diharapkan satu pemahaman formulasi beracara, bagaimana teknik, formula, konsep gugatan tadi sudah dijelaskan oleh hakim yg hadir, ” Pungkas Dlhan. (One)