๐—ฃ๐—ฒ๐—บ๐—ธ๐—ฎ๐—ฏ ๐— ๐—ฎ๐—ป๐—ด๐—ด๐—ฎ๐—ฟ๐—ฎ๐—ถ ๐˜€๐—ฎ๐—บ๐—ฏ๐˜‚๐˜ ๐—ฃ๐—ฒ๐˜€๐—ฒ๐—ฟ๐˜๐—ฎ ๐—ž๐—ฎ๐—บ๐—ฝ๐—ฎ๐—ป๐˜†๐—ฒ ๐—๐—ฒ๐—น๐—ฎ๐—ท๐—ฎ๐—ต ๐—ง๐—ถ๐—บ๐˜‚๐—ฟ, ๐—จ๐—น๐˜๐—ฟ๐—ฎ ๐— ๐—ฎ๐—ฟ๐—ฎ๐˜๐—ต๐—ผ๐—ป ๐—–๐—ต๐—ฎ๐—ฟ๐—ถ๐˜๐˜† ๐Ÿฎ๐Ÿฌ๐Ÿฎ๐Ÿฎ

 

Manggarai, Selidikkasus.com- Bupati Manggarai dan Wakil Bupati Manggarai, Herybertus G. L. Nabit, S.E.,M.A, dan Heribertus Ngabut, SH, bersama jajaran Pemerintah Kabupaten Manggarai menerima secara resmi peserta Kampanye Jelajah Timur 2022, Kamis (27/10), pukul 18.30 Wita, bertempat di Kantor Bupati Manggarai.

Total 59 peserta berpartisipasi dalam ajang Ultra Marathon Charity 2022, Ruteng-Labuan Bajo, NTT, 28-29 Oktober 2022. Target utama ajang ini guna mengampanyekan kepedulian publik atas akses air bersih yang layak dan dekat bagi warga yang berdampak pada isu kesetaraan bagi anak perempuan di Manggarai khususnya dan NTT pada umumnya.

Dalam sambutannya, Bupati Hery menyampaikan apresiasi dan ucapan terima kasih atas partisipasi dari para peserta yang peduli akan kondisi masyarakat di wilayah NTT khususnya di Kabupaten Manggarai.

“Penghormatan dan penghargaan setinggi-tingginya kepada orang-orang baik,” kata Bupati Hery.

Baginya, ajang ini akan memberikan dampak positif terutama bagi masyarakat dan anak-anak.

Di lain pihak, Dini Widyastuti, Direktur Executive Yayasan PLAN Internasional Indonesia berharap agar makin banyak yang bergabung dalam Kampanye Jelajah Timur.

“Makin banyak yang bergabung, makin banyak masyarakat yang akan menerima manfaat terutama pemenuhan kebutuhan air minum.

Acara olahraga amal tahunan Yayasan PLAN Internasional Indonesia (PLAN Indonesia) ini telah digelar sejak 2019 atau memasuki tahun ke empat dengan menggandeng ribuan pelari dan pesepeda baik untuk ikut berkampanye ke lingkungan terdekatnya untuk mengangkat isu krisis akses air bersih dan menggalang dukungan demi mempercepat pengadaan fasilitas air bersih di puluhan desa-desa terpelosok di NTT.

Donasi yang sudah dikumpulkan selama 4 tahun penyelenggaraan ajang ini sebesar 4,7 Milyar. Target tahun ini sebesar 1 Milyar rupiah dan angka yang sudah tercapai sebesar 80 persen.

Untuk Kabupaten Manggarai sendiri, terdapat dua desa yang akan menjadi sasaran kampanye antara lain Desa Wae Codi dan Desa Latung, Kecamatan Cibal Barat.

Pelaksanaan Kampanye Jelajah Timur yang diselenggarakan oleh Yayasan PLAN Internasional Indonesia (PLAN Indonesia) telah dibuka sebelumnya pada Minggu (18/9) melalui gelaran Fun Run 2022 di Senayan Park, Jakarta.

Sedangkan acara puncak digelar di Ruteng-Labuan Bajo, NTT, 28-29 Oktober 2022, dengan ajang utama adalah Ultra Marathon Charity sepanjang 111 km, yang akan dilaksanakan pada Jumat (28/10) sore dengan titik start dari Kantor Camat Ruteng, Kabupaten Manggarai, dan titik finish di Marina Bay Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat.

Kategori Marathon yang diperlombakan antara lain Full Category 111 km dengan peserta 46 orang, Half Category 63 km dengan peserta 9 orang, Short Category 10 km dengan peserta 7 orang, dan Kategori 3,3 Km dengan peserta 1 orang. Dari total 63 orang, 4 orang mengundurkan diri dengan alasan 2 orang batal mengikuti perlombaan dan 2 lainnya tidak memberikan konfirmasi.

Khusus Half Category sejauh 60 km, dilaksanakan pada hari titik start bertempat di Weri Pateng, Kabupaten Manggarai Barat, dan Finish di Marina Bay Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat. Sedangkan untuk Short Category sejauh 11 km, mengambil titik start di Marombok, Kabupaten Manggarai Barat, dan Finish di Marina Bay Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat.

Fasilitas Marathon yang disediakan sepanjang jalur perlombaan antara lain 3 Check Points (tempat istirahat), Water Station dan fisioterapis (setiap 5 km), Marshall Motor (18), dan Ambulans.

Turut hadir pada acara ini yakni Sekretaris Daerah Kabupaten Manggarai, Drs. Jahang Fansi Aldus, Unsur Forkopimda atau yang mewakili, Ketua dan Wakil Ketua TP PKK Kabupaten Manggarai, para Staf Ahli Bupati, para Asisten, para Pimpinan Perangkat Daerah, dan Camat Langke Rembong.

Lp : Gregorius Antonius Bocok