Aktivitas PT. MBN Sangat Merugikan Masyarakat Setempat dan Diduga Menyerobot Lahan Pertanian Desa Unsongi

 

Morowali- Aktivitas PT. MBN( Mineral Bumi Nusantara) yang berada di desa Unsongi Kecamatan Bungku Timur Kabupaten Morowali Provinsi Sulawesi Tengah sangat merugikan masyarakat setempat.

“Hal ini diungkapkan oleh Koordinator KLK- M (Komite Literasi Kerakyatan- Morowali) Amrin, di media ini, Rabu(18/05/2022) bahwa kami dari KLK- M meminta Pihak PT. MBN untuk segera menyikapi permasalahan Aktivitas MBN yang sangat merugikan masyarakat setempat,”Ucapnya.

“Amrin menegaskan, adapun surat kami yang kami kirimkan ke Pimpinan PT. MBN namun tidak ada direspon. isi dari pemberitahuan surat tersebut menerangkan, sehubungan dengan adanya Aktivitas yang dilakukan PT. MBN dianggap telah sangat merugikan masyarakat setempat.

Dengan ini kami menindaklanjuti hasil diskusi bersama Koalisi Masyarakat Unsongi maka kami dari Komite Literasi Kerakyatan-Morowali meminta kepada pimpinan Perusahaan, agar segera menyikapi permasalahan yang dimaksud diantaranya

“Pemuatan Material Perusahaan yang melintasi jalan trans sulawesi, izin reklamasi dan Relokasi, nominal CSR ke dua desa Unsongi dan Lahuafu, Penyerobotan lahan pertanian di desa Unsongi, getaran bom dinamit atas aktivitas blasting PT. MBN,”Urainya.

Amrin Menambahkan, Tentunya kita tidak inginkan kehadiran perusahaan yang menciptakan awal untuk hilangannya mata pencarian masyarakat dan rusaknya lingkungan sekitar .

Sehingga surat yang kami masukan menjadi alaram untuk pihak perusahaan dan pemerintah daerah agar membahas secara serius permasalahan yang ada di PT. MBN apalagi sekarang sedang berlanjut pembangunan tersus(terminal khusus) yang belum jelas perolehan izinya, apakah sudah ada atau belum ada. dan sampai saat ini keterbukaan pihak perusahaan dalam mensosialisasikan arah pembangunan masyarakat masih sangat tertutup,”Sebutnya.

Dikonfirmasi melalui nomor whatsapp Humas PT. MBN Abd, Manaf tidak menjawab dan KTT PT. MBN Muhdar belum ada balasan,”Tutup

 

Erni(redaksi)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*