Pemkab Banjarnegara Lakukan Percepatan Penanggulangan Kemiskinan Ekstrem

Banjarnegara- selidikkasus.com Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Banjarnegara, Jawa Tengah (Jateng), siap untuk menggelar program percepatan untuk penanganan kemiskinan ekstrem di wilayahnya.

Plh. Bupati Banjarnegara, H. Syamsudin M.Pd, menjelaskan, Banjarnegara dengan total jumlah penduduk 1.017.767 jiwa, jumlah warga desa miskin ekstrem mencapai 237.894 jiwa atau 67.010 keluarga, itu berarti sekitar 7,23% jumlah penduduk Banjarnegara masuk kategori miskin ekstrem.

“Langkah cepat yang harus segera diambil dalam 3 bulan terakhir, yakni diperlukan upaya percepatan untuk penanganan konkret dan cepat berupa tindak lanjut dukungan dari pemerintah yang akan memberikan tambahan Bantuan Sosial Tunai untuk rumah tangga miskin ekstrem di 5 kabupaten prioritas di masing-masing provinsi, dengan menggunakan data kelompok penerima manfaat yang tersedia,” katanya, dalam keterangan dikutip pada Minggu (10/10).

Dia menjelaskan, Kabupaten Banjarnegara dan empat kabupaten lain di Jawa Tengah, yakni Kebumen, Pemalang, Banyumas, dan Brebes mendapat perhatian khusus terkait kemiskinan ekstrem ini.

“Wapres mengatakan, selama sisa beberapa bulan ke depan di tahun 2021 ini, kita akan menggunakan program yang ada, yaitu program sembako dan BLT-Desa untuk memberikan tambahan bantuan bagi kelompok miskin ekstrem di 5 kabupaten prioritas di Jawa Tengah ini,” ucap dia.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*