Masuk Lima Besar Peningkatan Produksi Padi, Bupati Gresik Dapat Penghargaan Kementan RI .

 

Gresik- selidikkasus.com
Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani mendapatkan penghargaan dari Kementrian Pertanian (Kementan RI). Gresik dinilai mampu meningkatkan produksi padi sehingga mampu terbaik ke lima nasional.

Penghargaan itu diserahterimakan langsung oleh Wapres RI KH Ma’ruf Amin dan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo di Istana Wakil Presiden, Jakarta pada Senin (14/9/2021).

Melalui keterangan tertulis, Bupati Fandi Akhmad Yani mengatakan penghargaan ini diberikan karena produksi padi di wilayahnya meningkat. Secara khusus, orang nomor satu di Gresik ini pun mengapresiasi kerja keras para petani.

“Sektor pertanian mampu memberikan kontribusi di tengah wabah pandemi Covid-19. Pemkab mengapresiasi kerja keras para petani dalam peningkatan produksi padi,” katanya.

Pria yang akrab disapa Gus Yani menyatakan, sektor pertanian bakal terus dieksplor lebih luas, meski Gresik dikenal dengan banyaknya industri.

Misalnya kata Gus Yani, ke depan akan memaksimalkan komuditas pertanian lain selain padi diantaranya porang, buah-buahan, tebu, jagung dan kacang.

“Kita harus fokus dalam sektor pertanian khususnya. Meski sejumlah persoalan seperti terbatasnya lahan, ketersediaan pupuk subsidi dan hama,” ujarnya, menambahkan.

Strategi yang dilakukan, tambah Yani akan membentuk BUMD Pangan sehingga busa menyerap hasil pertanian. Langkah selanjutnya adalah pemetaan Lahan Pertanian dan Pangan Berkelanjutan (LP2B) hal ini untuk melindungi lahan pertanian.

Kepala Dinas Pertanian Gresik, Eko Anandito Putro menyampaikan jika produksi padi meningkat. Dari catatan, di tahun 2019 mencatatkan produksi padi 367.718 Ton, angka itu naik pada 2020 menjadi 407.718 Ton.

“Kriteria berdasarkan provitas diatas 6 Ton per hektare, peningkatan provitas, lbs di atas 30rb dan dirangking peningkatan produksi tertinggi,” tutupnya.

Selama pandemi ini kata Eko, dibawah komando Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani mendukung peningkatan produksi padi. Sehingga, mendapatkan penghargaan dari Kementan RI kali ini.
Lp-Fununul Ihsan