7 Kecamatan di Kabupaten Bogor Krisis Air Bersih Akibat Dilanda Kemarau

Jakarta,Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bogor mulai mengirimkan air bersih,pasalnya 7 Kecamatan di Kabupaten Bogor mengalami krisis air bersih karena dampak kemarau saat ini.

Yani Hassan Kepala BPBD Kabupaten Bogor mengatakan ketujuh kecamatan tersebut adalah Kecamatan Tenjo,Jasinga,Cigudeg,Ciampea,Citeureup,Jonggol,dan Kecamatan Citeuerup.

“Paling banyak di Kecamatan Jasinga,ada 11 Desa yang memohon bantuan air bersih,kita pertama kali mendapat laporan itu tanggal 29 juli 2020 ada yang minta bantuan air bersih” tutur Yani,selasa 25/8.

Setiap kali musim kemarau datang,jasinga rutin kekeringan,karena wilayaj ini sulit ditemukam sumber air untuk mengantisipasi musim kemarau.

“Kita kan tidak hanya merespon ketika ada bencana terus kita kirim,tapi kita juga mengupayakan membuat embung di daerah langganan kekeringan,tapi di Jadinga kita belum menemukan sumber air” ujar Yani.

BPBD berkoordinasi dengan Dinas terkait untuk memyiapkan sumber air diwilayah rawan kekeringan,sebab pengiriman air bersih dengan truk tengki tidak memenuhi kebutuhan warga.

“Ya harus ada solusi permanen,harus ada penelitian lebih lanjut,untuk menemukan sumber air terutama diwilayah yangnsetiap kemarau mengalami kekeringan” kata Yani.

Untuk tahun ini diprediksi kemarau berlangsung dibulan Oktober dan sementara puncaknya terjadi pada bulan september.

“Untuk pengiriman air kita kerja sama dengan PDAM untuk menyiapkan airnya,sedangkan untuk armadanya truk tangki kita ada dan juga ada bantuan dari PDAM juga” terangnya mengakhiri.

(Lp Gun’s Kaperwil Jakarta)