UMKM Gresik Bangkit Meski Ditengah Pandemi dengan Platfom Digital Badokangresik

Gresik-selidikkasus.com Pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Gresik, Jawa Timur, bisa bernapas lega, pasalnya dengan hadirnya platform digital Badokangresik.id, pelaku usaha kecil bidang makanan minuman bisa kembali eksis berjualan meski di tengah pandemi covid-19.

Founder Badokangresik.id Mamad Simatupang mengatakan dampak lesunya ekonomi saat wabah Covid-19 membuat dirinya bersama sejumlah pelaku UMKM lain berinisiatif membuat website.

“Jadi ini salah satu bentuk agar UMKM bisa bangkit, melalui web itu ada 350 jajanan, makanan atau minuman. Tinggal klik web lalu pesan, nanti ada kurir yang antar,” kata Mamad, Sabtu (8/8/2020).

Admin sekaligus pendiri grup FB Kuliner Gresik ini menambahkan, platform yang dibuat ini untuk membantu para ‘bakul’ yang tidak dapat berjualan. Hingga saat ini sudah 60 pelaku usaha kecil yang terdaftar.

“Ada 50 lagi tapi masih kami pending karena keterbatasan sistem (serba manual) Kisaran ada 350-an menu makanan dan minuman nantinya akan kami tambah. Kurir kita ada 10 orang,” imbuhnya.

Untuk mengaksesnya pun mudah. Setelah membuka web, Mamad menjelaskan di platform digital itu tersedia ratusan jenis makanan minuman atau pun jajanan kuno khas Gresik dari pelaku UMKM.

Kemudian, Mamad juga memanfaatkan aplikasi WhatsApp, dan media sosial Facebook Instagram. Dan whatsapp sebagai sarana transaksi, dengan promo link badokangresik.id di Sosmed.

“Yang mana akan langsung masuk web link dan ketiak mereka order akan direct ke nomor whatsapp admin, selanjutnya admin melanjutkan ke resto dan kurir untuk diproses. Memang masih serba manual karena kendala biaya, tapi kita terus berbenah,” imbuhnya.

Mamad berharap, Badokangresik.id bisa menjadi platform mandiri (lokal) yang menonjolkan potensi kuliner khas agar bisa dinikmati tanpa harus keluar rumah, seiring dengan kebutuhan zaman.

“Akhirnya dengan modal sendal jepit saya dan teman-teman bertekad untuk membuat inovasi sebagai jasa pengiriman makanan pertama karya asli Gresik dari penjual ke costumer. Saya yakin dengan platform digital ini, UMKM di Gresik bisa bangkit di tengah Covid-19,” imbuh Mamad.

Lp-Korda Gresik Fununul Ihsan