Komjen Pol Drs.Agus Andrianto,SH.MH. Masuk Daftar Nama Di 8 Kandidat Calon Kapolri Pengganti Idham Azis,

Jakarta,selidikkasus.com -Bursa calon Kapolri baru menggantikan Idham Azis mengakhiri masa jabatan enam bulan lagi Indonesia Police Waych (IPW) mencatat ada delapan orang terdiri dari lima nama Jenderal Bintang tiga dan tiga nama bintang dua.

“Kedelapan nama ini mulai dari lulusan Akademi Kepolisian tahun 1988 A hingga tahun 1991” kata Ketua Presidium IPW Neta S Pane kepada wartawan kamis 11/6.

Delapan nama itu digadang gadang mulai banyak diperbincangkan di internal kepolisian itu sendiri,mereka adalah :

1, Kabintelkam Komjen Rycko Amelza Dahniel,dia baru ditunjuk oleh Kapolri untuk mengisi jabatan kepala bidang intel di korps Bayangkara mei lalu menggantikan Komjen Agung Budi Maryoto.

2, Kemudian nama kedua yang disebut adalah Kabaharkam Komjen Agus Andrianto,saat dipercaya Kapolri menjabat Kepala Satgas Operasi Aman Nussa II untuk penanggulangan Covid-19.

3,Komjen Boy Rafly Amar baru saja menjadi Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) juga digadang gadang menggatikan Idham Azis sebagai Kapolri.

4,Kabareskrim Polri,Komjen Listyi Sigit Prabowo

5,Wakapolri Komjen Gatot Eddy Pramono juga masuk dalam bursa calon Kapolri.

6,Jenderal bintang dua yang Neta sebut adalah Kapolda Metro Jaya Irjen Nana Sudjana,

7,Kapolda Jawa Tengah Irjen Ahmad Lutfi

8, yang terakhir Kapolda Jawa Timur Irjen M Fadli Imran.

“Ketiga Jenderal bintang dua ini bisa masuk bursa calon Kapolri karena menjelang Idham Azis Pensiun ada dua posisi Jenderal bintang tiga yang bakal pensiun juga,yakni Kepala BNN dan Sestama Lemhanas” jelas Neta.

“Saat ini nama nama calon Kapolri itu akan digodok Dewan Kebijakan Tinggi (Wanjakti) Polri dengan anggota antara lain Irwasum,Asisten SDM,dan Kadiv Propam.nama-nama kandidat itu akan diserahkan Kapolri kepada Presiden untuk dipilih dan kemudian melakukan uji kepatutan di Komisi III DPR RI” papar Neta.

“Disisi lain Kompolnas juga memberikan nama nama calon Kapolri sebagai usulan kepada Presiden” lanjut Neta.

Januari tahun depan Kapolri Idham Azis memasuki purna tugas sebagai Kapolri karena sudah berusia 58 tahun,selam berkarier di kepolisian Idham berpengalaman dalam bidang reserse,dia jabat Kabareskrim sebelum diangkat Kapolri menggantikan Tito Karnavian.

“Kandidat yang menjadi sorotan positif dan berpeluang besar adalah Komjen Agus Andrianto,karena beliau mempunyai segudang prestasi dalam pengabdiannya di Kepolisian bila dibandingkan dengan kandidat lainya” pungkas Ketua Presidium ICW.

(Lp Kaperwil Jakarta/Gun’s)