Pemdes Naibos Laksanakan Giat Kenduri Blang dan Salawat Padi Bersama Masyarakat

Simeulue|| Selidikkasus.com – Pemerintahan Desa Naibos bersama dengan masyarakat laksanakan kegiatan kenduri blang dalam rangka pelaksanaan turun serentak masa tanam humasa sebbel-khumaha heba, kegiatan dilaksanakan diaula balai musyawarah desa naibos. Selasa (09/06).

Hamka selaku kepala desa naibos mengatakan seperti mana yang tertuang di dalam surat edaran Mentri Pertanian Republik Indonesia No 03/ SE/KN.230/M/05/2020 tentang mengantisipasi terjadinya krisis pangan, serta intruksi dari Pemerintah Daerah dan Camat Teupah Barat.

Berdasarkan intruksi diatas kepala desa naibos turut menginstruksikan kepada kejerung blang dan masyarakat didesa untuk segera melaksanakan kenduri blang dan salawat padi guna untuk mengharapkan keridhoan Allah SWT semoga tahun ini pada saat turun kesawah segala marah bahaya maupun serangan hama di desa naibos terhindar dari mara bahaya dan mendapatkan hasil yang melimpah.

Kepala desa juga menambahkan yang mana pada masa tanam tahun masyarakat desa naibos sangat antusias, sementaa ini untuk desa naibos hanya mempunyai lahan yang siap untuk kita garap lebih kurang sebanyak 30 hektar, dan sementara untuk lahan tidur atau lahan yang tidak kita garap lebih kurang 15 hektar.

“dek ame mangko kame, dek padi mangko manjadi”

Sementara itu untuk bibit yang sudah diterima dari dinas pertanian melalui BPP Pertanian kecamatan teupah barat sebanyak 300kg, yang diserahkan secara simbolis oleh perwakilan dinas pertanian melalui Asran, SKM selaku kasie produksi dinas pertanian kepada kepala desa naibos dan perwakilan petani.

Sementara untuk bibit yang kita terima berupa bibit padi unggul tiga bulan yang diserahkan langsung oleh perwakilan dari BPP kecamatan teupah barat dan kasie produksi dinas pertanian, dan sangat cocok untuk kondisi cuaca saat ini yang tadah hujan.

“mengantisipasi terjadinya krisis pangan, serta intruksi dari Bupati Simeulue dan Camat Teupah Barat, harapan masyarakat dapat turun secara serentak humasa sebbel – khumaha heba, semoga kita terhindar dari krisis pangan yang telah diprediksi oleh WHO”

Pada kesempatan yang sama babinsa desa naibos krismawanto juga berharap kepada tenaga pendamping, PPL dan masyarakat agar dapat bekerja sama terkait turun serentak humasa sebbel-khumaha heba karena dengan terjalin nya kerjasama yang baik maka program bupati simeulue dapat terlaksana dengan baik pula.

Sementara itu Asran,SKM selaku perwakilan dinas pertanian mengharapkan kepada seluruh masyarakat petani didesa naibos agar dapat bersinergi untuk bersama-sama melaksanakan humasa sebbel-khumaha heba agar kita terhindar dari pada dampak virus corona dan krisis pangan.

Kenduri blang humasa sebbel-khumaha heba desa naibos dilaksanakan rangkaian makan siang bersama para tamu undangan serta awak media yang hadir dan masyarakat desa, serta dilanjutkan dengan memanjatkan do’a kepada Allah SWT semoga kegiatan turun kesawah pada tahun ini mendapat ridho dan dijauhkan segala mara bahaya dari pada hama dan memperoleh hasil panen yang melimpah.

Kegiatan kenduri blang desa naibos turut dihadiri oleh unsur pemerintahan desa naibos, babinsa koramil teupah barat, perwakilan dinas pertanian dan penyuluh pertanian lapangan (PPL), serta masyarakat petani dalam desa naibos kecamatan teupah barat.

Lap. Helman Koordinator Simeulue