Inspektorat Kampar: Pemeriksaan Kades Bukit Betung Sedang Berjalan

RIAU-selidikkasus.com
Terkait pelaksanaan sejumlah kegiatan proyek di Desa Bukit Betung, Kecamatan Kampar Kiri Hulu, Kabupaten Kampar, Provinsi Riau, khususnya pada Tahun Anggaran 2019. Inspektorat Kampar ternyata sedang menjalankan pemeriksaan di lapangan.

Ada pun proyek yang dilaksanakan pada T.A.2019 oleh Pemdes Bukit Betung antara lain, Pembangunan Tembok Kolam Masyarakat yang terletak persis di samping kantor Desa Bukit Betung.

Proyek yang menelan dana Rp222 juta ini belum seumur Jagung atau belum diperiksa oleh Inspektorat Kampar, namun sudah ambruk, diduga kuat diakibatkan terjadinya pemotongan volume seperti pengurangan Besi angker dan Semen sehingga mengalami kerusakan.

Demikian halnya dengan Pembangunan MCK, Pembangunan Box Culvert dan Pembangunan Drainase. Selain dugaan pengurangan volume material untuk kepentingan oknum Kades dan kelompoknya yang menjadi pemicu terjadinya kerusakan fisik bangunan, juga terjadi pemotongan gaji atau upah Tukang dan pekerja.

“Kami sebagai warga Desa setempat merasa sangat dirugikan dan kecewa atas kinerja oknum Kades yang sesuka hati melakukan korupsi. Ini bukan mensejahterakan masyarakat, tapi mencekik masyarakat. Kami bersama sejumlah Toko Masyarakat Desa setempat akan mengungkap semua bobrok oknum Kades Bukit Betung ini,” ungka sumber media ini yang minta identitasnya tidak ditulis beberawa waktu lalu via WA.

Warga Desa setempat menambahkan bahwa, pembangunan Kolam, MCK, Box Culvert, Drainase dan Semenisasi diduga kuat terjadi pemangkasan volume atau pengurangan bahan material seperti Semen dan Besi. “Kami memiliki bukti otentik untuk kami ajukan ke penegak hukum nantinya,” beber warga tersebut.

Sementara Kades Bukit Betung, Pon Rizal yang berkali-kali dikonfirmasi media ini, namun tidak merespon. Demikian halnya dengan Ketua PKK Desa setempat (isteri Kades) berinisial (M) terkait percakapannya di salah satu Grup WhatsApp yang turut ikut campur menyindir salah satu perangkat Desa saat dikonfirmasi, justeru langsung memblokir nomor WA wartawan.

Kepala Inspektorat Kampar, Muhammad menjelaskan kepada wartawan media ini via telpon, Selasa (9/6/2020), pkl 20.33.WIB bahwa, pemeriksaan pada kegiatan Kades Bukit Betung Tahun 2019, saat ini masih berjalan. “Pemeriksaan masih sedang berjalan dan setelah selesai akan dipublikasi,” kata Muhammad.

(Ozi),,,kaperwil Riau