Musim kemarau tiba, HMI Riau-Kepri: jika masih terjadi karhutla kami menuntut janji presiden copot kapolda

Riau-Penjajahan gaya baru Riau kusayang Riauku malang hutanmu kini telah rusak rakyatmu miskin korporasi tak berani kau tindak negeri dengan julukan tanah lancang kuning negeri yang beradat kini lahanmu +- 1,2 juta ha diduga dikuasai secara illegal masih adakah hukum dinegeri yang beradat ini?
Menanggapi penomena ini kami ingin menyampaikan beberapa hal sebagai berikut:

  1. Lahan yang dieksploitasi melalui izin jutaan hektar menyebabkan gambut rusak dan mengering, sehingga sering dan mudah terbakar.
  2. Badko HMI Riau Kepri dgn ini, meminta evaluasi dan cabut izin HGU/HTI/HPH di Propinsi Riau.
  3. HTI dan HGU yang berlebihan mendegradasi lahan dan hutan penyebab Karhutla dan bencana ekologis di Riau.
  4. Menuntut keadilan bagi rakyat kecil yang di”korban”kan (sebagai laporan kinerja) penangan Karhutla. Dan mendesak Pemprov Riau dan Penegak Hukum Menangani Karhutla dari akar masalah yaitu Eksploitasi Hutan dan Gambut oleh korporasi.
  5. Badko HMI Riau Kepri menilai Tuntutan 2,5 tahun denda 1 milyard terhadap Azman sangat tidak manusiawi, tidak proporsional, dan berpotensi melanggar HAM.
  6. Tegakkan Azaz Pidana Lingkungan secara konsisten meliputi Dampak Kerusakan ekosistem yang timbul, Korban nyawa atau sakit, luas lahan terbakar, kerugian materil yang terjadi akibat kegiatan petani/pribumi lokal.
  7. Menuntut penggunaan UU No.32 tahun 2009 dan UU Perkebunan dan KUHP secara tepat dan prosedural tanpa rekayasa lapangan (TKP) dengan memperhatikan alat bukti materil kerusakan ekologis berdasarkan keterangan ahli yang independen.

Tidak lupa BADKO HMI RIAU-KEPRI juga mengingatkan kapolda riau musim kemarau sudah tiba dengan meminta pak kapolda riau membuktikan kesakitan dasboart lancang kuning nusantara dalam mengantisipasi karhutla di riau, Rian: musim kemarau sudah tiba kami kembali mengingatkan kapolda riau mari tunjukkan kesaktian dasboart lancang kuning nusantara dalam mengantisipasi karhutla di riau, tegas Rian

Rian juga mengingatkan janji pak presiden jokowi jika masih terjadi karhutla akan mencopot jabatan Kapolda dan kapolres, Rian: Jika masih terjadi kebakaran hutan dan lahan di riau kami menagih janji pak presiden jokowi pada tahun 2015 dan janji itu kembali disampaikan pada tahun 2019 untuk mecopot jabatan Kapolda dan Kapolres jika masih saja terjadi karhutla, pak kapolda mari kerja, kerja, kerja jangan pencitraan, pencitraan, pencitraan, tegas Rian

Lp-berita-Kabid PTKP Badko HMI Riau-Kepri

Sumber-BADKO HMI RIAU-KEPRI