Bupati Gresik Minta Kades Segera Menyalurkan BLT Dana Desa.

Bupati Gresik Minta Kades Segera Menyalurkan BLT Dana Desa.

Gresik – Selidikkasus.com
Bupati Gresik Sambari Halim Radianto meminta Bantuan Langsung Tunai (BLT) dari Dana Desa segera di cairkan oleh pemerintah Desa di Gresik,sebab uang dari Dana Desa itu sudah masuk ke rekening Desa masing masing.

Hal itu di sampaikan Bupati usai apel pergeseran personnel dalam rangka Pembatasan Sosial Bersekala Besar (PSBB) di Halaman Kantor Bupati Gresik, Selasa (28/42020).

“Hari ini Saya perintahkan BLT DD segera di cairkan. Saya sarankan minggu ini sudah harus cair, maka dari itu kami mendoring Desa untuk segera Musyawaroh Desa, kata Bupati.

Lebih lanjut Sambari menyampaikan,”saat ini di Gresik lagi di Berlakukan PSBB, beberapa Pembatasan dilakukan sesuai Perbub Gresik nomor 12/2020 dalam rangka memutus mata rantai Penyebaran Virus Corona.

Untuk menanggulangi dampak yang di timbulkan ia meminta seluruh Camat proaktif komunikasi dengan Kepala Desa di wilayahnya, agar melakukan musdes sehingga bantuan sebesar Rp 600 ribu segera di cairkan.

“Musyawaroh Desa untuk melakukan verifikasi terhadap keluarga miskin yang tidak tercafer sebagai anggota Program Keluarga Harapan (PKH), Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT), dan yang belum memiliki kartu Pra kerja. Setelah di bahas di Musdes, di putuskan dan di sahkan oleh Kepala Desa, baru di sampaikan ke Pemda untuk penetapanya.

Sementara itu Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Malahatul Wardah menambahkan, Sekiruh Desa harus menyalurkan BLT DD sesuai instruksi menteri Desa Dan Pembangunan Daerah Tertinggal Dan Transmigrasi, Abdul Halim Iskandar.

“Untuk teknis penyaluranya nantinya pihak bank akan melakukan jemput bola ke Desa masing masing memaknai akun virtual sesuai KK penerima BLT DD yang terdata sehingga tidak pakai rekening,” tambahnya.

Sehingga bagi penerima tidak merasa ribet, prosesnya simple. Saya akan terus mendorong Kepala Desa agar secepatnya menyalurkan bantuan itu,”pungkas Kepala Dinas PMD.

LP – Korda Gresik F.Ihsan

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*