Cegah Penularan Covid-19 Pemdes Sembungan Kidol Kec Dukun – Gresik Bagikan Ribuan Masker.

Cegah Penularan Covid-19 Pemdes Sembungan Kidol Kec Dukun – Gresik Bagikan Ribuan Masker.

GRESIK – Selidikkasus.com Mencegah virus corona atau Covid-19, hampir seluruh desa di wilayah Kabupaten Gresik melakukan gerakan preventiv, salah satunya yang di lakukan Desa Sembungan Kidul Kec Dukun Kabupaten Gresik, Jawa Timur. Dengan Cara membagikan Ribuan masker dan handsanitizer ke seluruh warga. Seluruh perangkat di libatkan mulai BPD, RT/RW, Kader dan juga Karang Taruna.

Selain itu pemdes juga menerapkan physical distancing dengan sangat ketat, sebelum masuk desa, satu persatu orang dari luar diperiksa kesehatannya kemudian di data oleh Satgas Covid-19 yang bertugas. Untuk menanggulangi wabah tersebut seluruh masyarakat ikut dilibatkan.

Kepala Desa Sembungan Kidul Munir mengatakan, Kewaspadaan itu wajar dilakukan agar selurih warganya bisa terhindar dari corona. Beberapa langkah dilakukan seperti menggerakkan warga beserta team Gugus Covid-19 untuk selalu berbagi informasi, sehingga setiap Ada kendala dilapangan dengan cepat bisa di atasi,” kaitanya.

Dilanjutkan oleh Munir di desanya banyak warga yang menggeluti di bidang dagang, yang setiap hari keluar masuk kirim barang, maka dari itu jajaranya aktif mendata keluar masuknya warga.

“Jadi kita harus waspada. Kita juga sudah semprot disinfektan ke seluruh lingkungan RT Dan RW. Kita juga memasang papan himbauan di setiap gang masuk dan selalu di awasi oleh petugas.

Warga luar kita data dan diperiksa suhu tubuh melalui thermogun, kemudian team Gugus langsung kordinasi dengan pihak puskesmas,” lanjutnya.

Kades bertubuh subur itu mengungkapkan, dalam penanganan pandemi corona ia juga menyiapkan anggaran melalui dana desa sesuai intruksi dan surat edaran dari Kementerian Desa dan PDTT RI.

“Kita juga menyiapkan anggaranya, ini masih menunggu data yang masuk, kemudian Kita falidasi jangan sampai terjadi persoalan di belakang hari,”pungkasnya.

Sebelumnya Pemkab Gresik meminta jajarannya mulai dari camat, petugas puskesmas hingga kepala desa untuk lebih ketat dan bekerja keras melakukan penyisiran terhadap warganya dan membubarkan kegiatan masyarakat yang bergerombol. 

Bupati Gresik Sambari menegaskan penanganan covid-19 harus tegak lurus. Physical Distancing atau jaga jarak harus benar-benar dilakukan hingga paling bawah tingkat RT/RW. 

“Physical distancing harus dilakukan ol mencegah penyebaran virus corona atau Covid-19 di Gresik,” imbuhnya, melalui keterangan tertulis beberapa waktu yang lalu.

Lp-Korda Gresik.F Ihsan

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*