Desa Ploso Jenar Menuju Desa Berseri &Adipura Di Penuhi Hiasan Pemandangan Indah

Ponorogo-Jatim-‘Melihat Perkembangan kemajuan desa-desa dan kelurahan di Ponorogo, ternyata Pemerintah masyarakat desa Plosojenar justru semakin bergerak maju selangkah dibanding desa lainnya dengan adanya program dari Dinas Lingkungan Hidup bersama Kelurahan Banyudono ditunjuk mengikuti program menuju Desa Berseri mewakili Ponorogo ke Tingkat Provinsi jawa Timur (07/04/2020).

Sutrisno Kepala Desa setempat menerangkan bahwa memang Desa Plosojenar dipandang Desa yang pantas mewakili Desa Berseri sekaligus program Desa ADIPURA. Dari Dinas Lingkungan Hidup sendiri juga memberikan fasilitas bantuan berupa motor roda tiga. Sedangkan untuk biaya dan tenaga masih diambil dari dana kas desa yang memang biasa disisihkan untuk keperluan kepentingan desa.

Inovasi yang dilakukan antara lain membuat Apotek Hidup di depan rumah warga desa, pagar warna-warni, plakat jalan dari hasil kreativitas karang taruna, slogan-slogan di papan kayu untuk selalu menjaga kebersihan dan kelestarian lingkungan.

Menurut Sutrisno warga dan karang taruna terlihat sangat antusias mendukung program ini. Mereka semua bergotong royong dimulai dari membersihkan lingkungan rumahnya sendiri, lampu-lampu jalan sepanjang desa juga mulai ditata di sepanjang ruas jalan.

Selama kerja sama para warga mendukung dan selalu bersemangat tentunya perangkat desa beserta Ketua RT/RW tidak merasa berat. Memang segala pekerjaan jika dilakukan secara swadaya dan bergotong-royong akan terasa ringan.Kata Sutris.

BPK.Sutris juga mengungkapkan bahwa,selama ini kas Desa cukup untuk membantu masyarakat mewujudkan Desa yang bersih dan asri. Selain itu juga bahan dan property yang dipakai masih biasa menggunakan bahan dari alam. Mungkin kita hanya membeli beberapa bahan seperti cat, lem kayu, kuas, dan paku. Kita akan maksimalkan hasil dengan meminimalisir penggunaan dana namun tidak mengurangi kreativitas masyarakat sehingga hasil yang dicapai juga menarik, pungkasnya.

(LP-kordinator ponorogo-Dhony Irawan H.W)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*