Darurat Covid-19 Pemdes Melirang bikin bilik isolasi.

Darurat Covid-19 Pemdes Melirang bikin bilik isolasi.

GRESIK – Untuk mengantisipasi penyebaran virus corona atau Covid-19, Desa Melirang Kecamatan Bungah melakukan berbagai langkah serius. Bahkan, pemdes setempat menyiapkan ruang isolasi bagi perantau yang datang dari zona merah atau luar negeri.

Ruang isolasi yang dibuat itu berbeda dari yang lain. Ada ranjang, ruang tamu, kipas angin hingga TV maupun DVD. Di ruang itu juga ada petugas dari Satgas Covid-19 dan relawan yang setiap hari bergantian berjaga.

Kepala Desa Melirang M Muwaffaq mengatakan jajaranya telah membentuk satuan tugas pencegahan Covid-19. Pembentukan satuan itu tertuang dalam Surat Keputusan Kepala Desa Melirang

Sedangkan untuk tugas para relawan dan Satgas Covid-19, mereka bertugas mendata warga desa yang rentan terjangkit seperti lansia maupun balita.

“Ruang isolasi ini sengaja kami siapkan untuk warga yang dari perantauan. Di tempat ini juga segala aktivitas penanganan Covid-19 terpusat sehingga koordinasi lebih mudah,” kata Kades Muwaffaq ketika dikonfirmasi, Jumat (10/4/2020).

Diungkapkan lebih jauh oleh Gus Muwaffaq, begitu dia biasa di panggil,tak hanya pembuatan ruang isolasi, pihaknya juga memasang imbauan berupa banner pencegahan penyebaran corona. Selain itu juga mengintruksikan agar membaca salawat “Li Khomsatun” di tiap dusun.

“Kita juga melakukan penyemprotan disinfektan ke lingkungan dan fasilitas umum. Kita juga memeriksa secara ketat terhadap setiap orang yang masuk desa serta penjagaan di beberapa titik, misalnya di pintu masuk dusun pereng kulon. Disana di dirikan pos pantau setiap harinya di jaga sama warga secara bergiliran” imbuhnya.

Kades Muwaffaq juga mengimbau kepada seluruh warga agar membiasakan hidup sehat. Melakukan physical distancing. Hal itu agar warga di desanya paham dengan pencegahan preventif pandemi corona.

“Tentu penanganan ini tak hanya dilakukan pemerintah saja. Masyarakat harus mendukung. Dan, semoga ruang isolasi ini bermanfaat khususnya bagi perantau yang datang dari zona merah, disamping itu segala keperluan bagi warga yang di isolasi semua di tanggung pemerintah desa,” pungkasnya.

Lp.Kord Gresik, F.Ihsan

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*