Satu pasien terpapar Covid-19 di Kabupaten Gresik, Jawa Timur telah sembuh.

Gresik-Jatim- Kasus pertama pasien positif yang berdomisili di Kecamatan Driyorejo itu kembali beraktivitas seperti semula dan kembali ke rumah.

Pasien perempuan berinisial DAT (34) itu dinyatakan sembuh usai dirawat beberapa minggu di rumah sakit Nastional Hospital (NH) di Surabaya. DAT berprofesi sebagai perawat di salah satu rumah sakit.

“Ada kabar baik hari ini. Satu pasien yang berdomisili di Driyorejo sembuh. Semoga yang lainnya mengikuti,” kata Wakil Bupati Gresik Moh Qosim, didampingi Satgas Penanganan Covid-19 Gresik, Rabu (8/4/2020).

Sedangkan kata Qosim, selain pasien positif yang sembuh. Pasien dalam pengawasan (PDP) yang sembuh juga mengalami peningkatan. Total ada 23 PDP selesai pengawasan, sedangkan 44 orang dalam masa perawatan.

Qosim mengatakan, Pemkab Gresik serius dalam penanganan wabah virus corona. Apalagi, pihaknya sudah mengalokasikan Rp 156 Miliar. Angka itu termasuk untuk dampak sosial akibat corona.

“Angka itu juga digunakan untuk bantuan sembako yang akan dibagikan kepada warga pra sejahtera yang tidak menerima PKH maupun kartu sembako dari pemerintah pusat,” imbuhnya.

Sementara itu, Sekretaris Penanggulangan Covid-19 Gresik drg Saifudin Ghozali memaparkan selain jaring pengaman sosial, satgas juga mengalokasikan anggaran untuk insentif tenaga medis serta petugas tracking yang ditempatkan di semua desa.

Saifudin juga menambahkan, selain itu ia juga memastikan alat pelindung diri (APD) para tenaga medis yang berada di garda terdepan penanganan Covid-19 tercukupi.

“Kita juga sedang mengupayakan pengadaan rapid test. Alat itu bertujuan untuk mendeteksi dini corona,” tambahnya.

Data dari Satgas Penanganan Covid-19 Gresik menyebutkan jumlah orang dalam resiko (ODR) total ada 790, sedangkan 686 orang selesai pengawasan, lainnya masih dilakukan pengawasan oleh tenaga medis dan diisolasi selama 14 hari.

Lalu, orang dalam pemantauan (ODP) naik dari 698 menjadi 790 sebanyak 140 orang selesai dipantau. Kemudian, kasus positif corona di Gresik berjumlah lima kasus, tiga masih dalam perawatan, satu sembuh sedangkan satu meninggal dunia.

Korda Gresik F.Ihsan,S.pd

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*