Tahapan Pemilihan Kepala Daerah 2024 memasuki tahap pendaftaran calon, saat ini Partai peserta Pemilu telah ada yang membuka pendaftaran untuk calon kepala daerah.

Lahat 27 April 2024 selidikkasus.com
Dalam proses tahapan ini beredar isu yang tidak sedap yaitu adanya dugaan beberapa praktek kecurangan mulai dari berita hoax yang beredar, penerimaan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) KPU Lahat yang tidak netral, Hingga perpindahan warga dari Kabupaten tetangga ke Kabupaten Lahat untuk menjadi PPK

Saat ini santer terdengar adanya dugaan penekanan dari oknum pejabat di Pemerintahan Kabupaten Lahat untuk meluluskan pembuatan Kartu Tanda Penduduk (KTP) dari Kabupaten Empat Lawang ke Kabupaten Lahat yang nantinya warga tersebut akan mengikuti tes PPK KPU Lahat.

Salah satu Oknum TKS yang enggan di Dinas Dukcapil yang enggan di sebutkan namanya mengaku mendapatkan perintah dari pimpinan mengurus kepindahan penduduk dari Empat Lawang ke Kabupaten Lahat.

“Harus ada tanda tangan dari Kepala Dinas baru bisa kami buat nyo kalu perpindahan KTP dari Empat Lawang ke Lahat,” Katanya.

Ia mengatakan berkas warga dari Kabupaten Empat Lawang itu hanya kepala keluarga saja yang di urus untuk pindah alamat ke Kabupaten Lahat dan di bawa langsung oleh Pegawai di Dinas Dukcapil Empat Lawang.

Melihat beredarnya isu tersebut awak media mencoba menkonfirmasi hal ini ke Dinas Dukcapil Lahat untuk meminta keterangan.

Ketika di konfirmasi tentang adanya penekanan pembuatan KTP warga Empat Lawang ke Kabupaten Lahat, Kepala Dinas Dukcapil Lahat Dedi Supriadi, Selasa (24/4) sedang berada di luar kota.

“Maaf ndo aku lagi diklat di Bandung ndo,” Katanya Via WhatsApp kepada awak media.

Jawaban yang sama juga di lontarkan oleh Kepala Bidang Pendaftaran Penduduk Nangkada Lindungan Putra yang sama sama berada di luar kota.

“Saya lagi diklat PKA di Linggau pak
coba bapak konfirmasi langsung ke Kadis Dukcapil pak atau PLH bidang yang menangani,” Ujarnya singkat.

Adanya dugaan mobilisasi perpindahan warga Empat Lawang ke Kabupaten Lahat untuk mengikuti tes PPK KPU Lahat Ketua KPU Lahat Sarjani melalui Bidang Teknis Dahmis mengaku tidak mengetahui perihal tersebut.

“Nah dak tau aq masalah itu,” Imbuhnya.

Untuk rangkaian pemdaftaran penerimaan PPK KPU Kabupaten Lahat ia mengatakan sudah dimulai terhitung tanggal 23 april 2024.

Lp:Nopri(Agus)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*