MUI Deli Serdang Gelar Mudzakarah Akhir 2023

Deli Serdang MUI Gelar Mudzakarah Akhir 2023 Melalui Tema “Membangun Lembaga Keagamaan Kuat untuk Kemashlahatan Ummat”, Majelis Ulama Indonesia (MUI) Deli Serdang gelar Mudzakarah Refleksi Akhir Tahun 2023 di Aula MUI Sabtu 30 Desember 2023 yang dibuka secara resmi oleh Ketua Dewan Pertimbangan MUI yang juga selaku Bupati Deli Serdang H.M. Ali Yusuf Siregar.

Dalam sambutannya Bupati Deli Serdang H.M.Ali Yusuf Siregar menegaskan, Mudzakarah Refleksi Akhir Tahun 2023 dan Penyerahan Kartu BPJS Ketenagakerjaan kepada Ketua Majelis Ulama Indoensia (MUI) Kecamatan, Marbot dan Kyai Kampung, tujuan utamanya adalah untuk meningkatkan dakwah Islamiyah sebagai media diskusi atau musyawarah guna menyatukan persepsi. Ketua Pertimbangan MUI ini juga berharap pelaksanaan mudzakarah tersebut bisa memberi ilmu pengetahuan dan rekomendasi bagi Pemkab Deli Serdang.

Di kegiatan Mudzakarah akhir tahun ini MUI juga melaksanakan penandatanganan MOU dengan pengusaha air mineral BAG sebagai solusi Fatwa MUI nomor 83 tahun 2023, di waktu yang bersamaan juga digelar seminar terkait Pemberdayaan Ekonomi Ummat dan solusi permasalahan rumah ibadah dan lembaga keagamaan yang berstatus quo karena tidak mempunyai alas hak tanah yang jelas.

Sebagai narasumber pertama Assisten ll Bidang Ekonomi Pemkab Deli Serdang H. Khairum Rizal, ST. M.AP yang juga pengelola Masjid Agung Sultan Thaf Sinar Basarsyah dengan judul : Pemberdayaan Ekonomi Ummat Berbasis Masjid dan Lembaga Keagamaan, sedangkan narasumber kedua Kadis Cipta Karya dan Tata Ruang Pemkab Deli Serdang Rachmadasyah ST dengan judul : Permasalahan dan Solusi Legalitas Formal Rumah Ibadah dan Lembaga Keagamaan.

Ketua Panitia H. Abdullah Simbolon melaporkan tujuan diselenggarakannya kegiatan ini sebagai evaluasi kinerja MUI dan rekomendasi program kegiatan untuk tahun yang akan datang. Sementara dalam kegiatan ini Ketua MUI KH. Amir Panatagama menyampaikan out look program MUI tahun 2024 diantaranya dalam mensukseskan program pemerintah terkait pelaksanaan pesta demokrasi, tetap mengikuti ijtima’ ulama tahun 2007 di Padang Panjang untuk memilih pimpinan yang shiddiq, amanah, tabligh, dan fathonah. MUI Deli Serdang di tahun 2024 akan menerbitkan SK Pembinaan Jamaah LDII sebagai pelaksanaan amanah Rakorda Zona I MUI Provinsi Sumut 2023 dengan program penelitian, pembinaan, dan rehabilitasi faham jamaah LDII ke arah yang lurus sesuai dengan ajaran ahlussunnah wal jamaah.