Kapolres Simalungun Gelar Program Quick Wins Presisi Jumat Curhat dengan Fokus Peningkatan Pelayanan Publik

 

SIMALUNGUN – Polres Simalungun, di bawah pimpinan Kapolres AKBP Ronald F.C Sipayung, S.H., S.I.K., M.H., melaksanakan kegiatan Program Quick Wins Presisi Jumat Curhat dengan Implementasi Optimalisasi Pelayanan Publik. Kegiatan tersebut dilakukan secara langsung di Balai Dusun Dolok Maria Nagori Ujung Saribu, Kecamatan Pematang Silimakuta, Kabupaten Simalungun, pada hari Jumat, tanggal 4 Agustus 2023.

Dalam kegiatan ini, Kapolres Simalungun bersama dengan unsur Forkopimda Simalungun dan sejumlah pejabat terkait turut hadir. Selain itu, masyarakat Dusun Dolok Maria Nagori Ujung Saribu juga ikut berpartisipasi dalam kegiatan ini.

Program Quick Wins Presisi bertujuan untuk memberikan kesempatan bagi Kapolres dan personel Polres Simalungun untuk berkomunikasi langsung dengan masyarakat. Dalam program ini, masyarakat dapat menyampaikan curhatan, memberikan masukan, serta mengajukan aduan terkait pelayanan publik kepada pihak kepolisian.

Dalam kesempatan ini, masyarakat Dusun Dolok Maria Nagori Ujung Saribu menyampaikan apresiasi terhadap kepemimpinan AKBP Ronald F.C Sipayung sebagai Kapolres Simalungun. Masyarakat juga menyampaikan dukungan mereka dalam menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat.

Dalan kesempatan itu Kapolres berharap kepada masyarakat untuk sama-sama menjaga kelestarian hutan di wilayah Kabupaten Simalungun. Permintaan ini disampaikan AKBP Ronald kepada masyarakat yang hadir dalam kegiatan Jumat Curhat Polres Simalungun, yang diharapkan menjadi mitra dalam menjaga lingkungan dan kelestarian alam.

AKBP Ronald F.C Sipayung, mengucapkan salam kebersamaan kepada seluruh lapisan masyarakat yang hadir pada kesempatan yang berharga ini, “Saya merasa terhormat dapat berada di hadapan Anda semua dalam rangka menyampaikan pesan dan harapan kami terkait pentingnya menjaga hutan di wilayah Kabupaten Simalungun.

Sebagai Kapolres Simalungun, saya melihat betapa pentingnya kelestarian hutan bagi kehidupan kita semua. Hutan bukan hanya sekadar sumber oksigen atau tempat bersantai, melainkan juga sebagai habitat banyak makhluk hidup, termasuk satwa langka yang dilindungi. Hutan juga berperan dalam menjaga keseimbangan iklim serta menyimpan keanekaragaman hayati yang tidak ternilai harganya, “ujar AKBP Ronald. Jumat(4/8/2023) sekira Pkl.10.30 WIB.

“Namun, kita juga harus mengakui bahwa di era perkembangan industri dan teknologi seperti sekarang ini, hutan kita menghadapi banyak tantangan. Illegal logging, perambahan hutan, dan kebakaran hutan adalah contoh nyata dari ancaman yang mengancam kelestarian hutan kita.

Oleh karena itu, saya ingin mengajak kita semua untuk bersama-sama menjaga hutan di Kabupaten Simalungun. Beberapa langkah yang dapat kita lakukan antara lain adalah:

Pertama, meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya menjaga hutan melalui pendidikan dan sosialisasi yang tepat. Kita perlu menjelaskan kepada masyarakat tentang manfaat hutan, dampak negatif dari kerusakan hutan, dan pentingnya mendukung kebijakan-kebijakan perlindungan hutan.

Kedua, menggalakkan kampanye penghijauan dan penanaman pohon. Kita dapat mengajak masyarakat, pelajar, dan berbagai pihak terkait untuk bersama-sama melakukan penanaman pohon guna memperkuat perlindungan hutan dan menjaga kelestariannya.

Ketiga, berperan aktif dalam pengawasan dan pelaporan terkait tindakan ilegal yang merusak hutan. Mari kita menjadi mata dan telinga yang peka terhadap perusakan hutan, dan melaporkannya kepada pihak berwenang. Dengan adanya keterlibatan kita semua, diharapkan tindakan ilegal dapat segera diatasi dan pelakunya dihukum sesuai dengan hukum yang berlaku.

Terakhir, tetap menjaga kerja sama antara masyarakat dan pihak kepolisian. Kita sebagai polisi akan terus berupaya melakukan patroli dan penegakan hukum dalam rangka menjaga keamanan dan ketertiban di wilayah hutan. Namun, kerjasama dan informasi yang diberikan oleh masyarakat sangatlah berharga dalam menjalankan tugas ini, “himbau Kapolres.

Lebih lanjut Kapolres Simalungun mengajak seluruh masyarakat Kabupaten Simalungun bekerja sama dalam merawat hutan, “Mari kita bersama-sama menjaga dan melindungi hutan kita. Jadikan kepedulian dan tindakan nyata dalam menjaga hutan sebagai bentuk kontribusi kita bagi kelangsungan hidup generasi mendatang. Saya yakin, dengan kesadaran dan kerja sama kita semua, hutan-hutan kita akan tetap berdiri kokoh dan memberikan manfaat bagi kehidupan kita.

Terima kasih atas perhatian dan partisipasi aktif Anda dalam menjaga kelestarian hutan di Kabupaten Simalungun. Semoga Tuhan Yang Maha Esa senantiasa memberkahi kita semua, “tandas AKBP Ronald.

Kegiatan Program Quick Wins Presisi dengan Implementasi Optimalisasi Pelayanan Publik ini menjadi langkah nyata Polres Simalungun dalam memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat. Dengan melibatkan masyarakat dalam proses komunikasi dan mendengarkan aspirasi serta kebutuhan mereka, diharapkan tercipta hubungan yang harmonis antara polisi dan masyarakat.

Program ini akan terus dilaksanakan secara rutin, sehingga polisi selalu siap mendengarkan dan merespons kebutuhan serta aspirasi masyarakat. Dengan adanya program ini, diharapkan tercipta kepercayaan yang lebih baik antara polisi dan masyarakat, serta terjalin harmoni dalam menjaga keamanan dan ketertiban di Kabupaten Simalungun.(joe)

*#Humas_Polres_Simalungun*