Ramadhan Digembleng Berbagai Kegiatan Keagamaan, Kini Siswa MIMUGA Salurkan Zakat Lewat Lazisnu

 

Gresik – Kewajiban seorang muslim di Bulan Ramadhan tidak hanya menjalankan ibadah puasa, namun juga berkewajiban mengeluarkan zakat fitrah.

Seperti yang dilakukan siswa MI Miftahul Ulum 3 (MIMUGA) Perengkulon Bungah ini. Sebelum berangkat menuju Masjid Baituttawwabin tempat penyaluran zakat, ratusan siswa berkumpul di halaman sekolah untuk menerima pengarahan dari Kepala sekolah, selanjutnya bersama sama menuju ke Masjid yang berjarak kurang lebih tigaratus meter.

Diketahui, selama Bulan Ramadhan siswa MI Miftahul Ulum 3 menjalani berbagai kegiatan keagamaan mulai sholat Dhuha, ngaji kitab kuning hingga tadarus Al Qur’an.

Kepala Sekolah MI Miftahul Ulum 3 (Mimuga) Maskhanah,M.Pd mengatakan, kegiatan selama Ramadhan siswa kita beri materi tambahan pendidikan agama.

“Sebelum mengikuti pelajaran di kelas, siswa mengikuti kegiatan sholat dhuha, praktek wudhu, praktek sholat hingga mengikuti pengajian kitab kuning,”terangnya. Kamis (14/4/2023).

Lebih lanjut, lulusan S2 UQ menyampaikan, penambahan materi keagamaan bagi siswa sangat penting terutama kelak setelah mereka terjun ke masyarakat bisa bermanfaat. Saat ini kami bersama dewan guru mengkoordinir agar zakat fitrah siswa di salurkan melalui Lazisnu.

“Kegiatan penyaluran zakat fitrah setiap tahun kami salurkan lewat Lazisnu. Biasanya memasuki sepuluh hari terahir agar penyaluranaya tepat sasaran sampai ke Mustahiq (orang yang berhak menerima zakat),” tandas ibu tiga anak ini menenggapi penyerahan zakat fitrah ke Lazisnu.

Sementara, salah satu pengurus Lazisnu sekaligus guru di MI Miftahul Ulum 3 Ust Abd Shomad mengapresiasi penyerahan zakat fitrah dari siswa siswi MI Miftahul Ulum 3, semoga tidak hanya dari siswa saja yang di salurkan lewat Lazisnu namun, warga sekitar juga mengikuti jejak siswa MIMUGA.

“Terimakasih anak anak semoga zakat kalian tersalurkan dengan benar. Amanah ini akan kami jaga dan kami jalankan sesuai hukum syariat, mudah mudahan zakat fitrah yang di keluarkan bisa mensucikan amal ibadah puasa kalian,” kata alumni Ponpes Langiatan Widang-Tuban ini.
Lp-Fn