Pakar Hukum Pidana : Kajari Mesti Mampu Usut Dugaan Korupsi Yang Belum Tuntas di Riau Serta Minta Kajati Riau Baru, Tuntaskan Dugaan Korupsi Bansos Kab.Siak

Foto: Dr.M.Nurul Huda.SH.MH

 

 

 

Pekanbaru- Empat (4) Kejari dan Asdatun Kejati Riau diganti. Pergantian tersebut tertuang dalam Keputusan Jaksa Agung RI Nomor KEP-IV-515/C/08/2022 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan dari dan Dalam Jabatan Struktural PNS di Kejagung tertanggal 8 Agustus 2022. Keputusan ditandatangani oleh JAM Pembinaan, Dr Bambang Sugeng Rukmono.

Jabatan Kepala Kejaksaan Negeri di wilayah kerja Kejati Riau mengalami pergantian. Empat orang Kajari dan Asdatun Kejati Riau dimutasi.

Adapun mereka yang dimutasi adalah :

Kepala Kejati Riau yang sebelumnya dipegang Jaja Subagja juga mengalami pergantian. Jaja dipindah menjadi Direktur Penuntutan di Jaksa Agung Muda Militer, Selasa kemarin.

Penggantinya, yakni Supardi yang sebelumnya menduduki posisi Direktur Penyidikan pada Jaksa Agung Muda Pidana Khusus Kejagung.

Adapun keempat Kepala Kajari yang berganti yakni Kajari Pelalawan, Silpia Rosalina, S H., M.H diangkat menjadi Kajari Tangerang Selatan. Silpia digantikan oleh Muhammad Nasir, S H., M H yang saat ini menjabat Kepala Kejari Soppeng

Kajari Bengkalis, Rakhmat Budiman Taufani, S H MKn digantikan oleh Zainur Arifin Syah, S.H., M.H yang kini menjabat Koordinator di Kejati Kepri. Selanjutnya, Rakhmat akan bertugas sebagai Asisten Pembinaan pada Kejati DI Yogyakarta.

Pri Wijeksono, S H., M.H yang saat ini menjabat Kajari Rohul mendapat tugas baru sebagai Kepala Subdirektorat Pengamanan Informasi pada Direktorat Teknologi Informasi dan Produksi Intelijen JAM Bidang Intelijen Kejagung. Dia akan diganti oleh Fajar Haryowimbuko, S H., M.H sebelumnya menduduki pos Kajari Halmahera Selatan.

Kemudian Kajari Inhu, Furkon Syah Lubis, S.H., M.H dimutasi sebagai Kajari Labuhan Batu. Furkon akan digantikan oleh Romiyasi, S.H yang kini menjabat Koordinator pada Kajati Papua Barat.

Asisten Datun Kejati Riau Dzakiyul Fikri, S.H., M.H. Dzakiyul mendapat jabatan baru sebagai Kepala Bagian Penyusunan Program, Laporan dan Penilaian ada Sekretariat JAM Bidang Datun Kejagung.

Jaksa Agung menunjukkan Mailinda, S.H., M.H sebagai Asdatun Kejati Riau. Saat ini Mailinda menjabat sebagai Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Karimun, Provinsi Kepulauan Riau.

Mutasi atau penggantian 4 Kejari dan Asdatun Kejati Di Riau tersebut Direktur Forum Masyarakat Riau Bersih (FORMASI RIAU) Dr. Muhammad Nurul Huda, S.H., M.H kepada selidikkasus mengatakan, bahwa sebaiknya “Agar Kajari yang baru serius mengusut dugaan korupsi, mengingat di daerah Riau ini termasuk daerah yang 10 besar rawan korupsi.ucapnya

Ia menambahkan bahwa “Tentunya kajari yang baru mesti mampu mengusut dugaan korupsi yang belum tuntas di Riau serta diminta juga Kajati Riau yang baru, untuk menuntaskan dugaan korupsi Bansos Kabupaten Siak di era Bupati Syamsuar,” tutupnya.