Desa Sawangan Punggelan Akan Gelar Musdes PAW Pilkades

 

BANJARNEGARA SELIDIKKASUS.COM Desa Sawangan, Kecamatan Punggelan Kabupaten Banjarnegara direncanakan akan menggelar acara Musyawarah Desa (Musdes) pemilihan kepala desa (Pilkades) antar waktu (PAW) tahun 2021, masa jabatan 2021-2023. Kamis (4/11/2021).

Ketua Panitia PAW Kepala Desa Sawangan Sujarwo menuturkan, Sebagai mana yang sudah di saksikan peserta musyawarah desa (Musdes) dan juga para saksi calon kepala desa antar waktu, peserta musyawarah sepakat melalui mekanisme pemungutan suara atau voting. Sehingga hasilnya dapat di ketahui oleh peserta Musdes dan saksi bahkan sudah dituangkan dalam berita acara hasil penghitungan suara.

”Untuk peserta musdes antara lain dari LKD yang terdiri dari Perangkat desa, PKK, LKMD, RT/RW yang ber SK,dan diikuti Calkades antar waktu sebanyak tiga calon, yang pertama saudara Socheh Abrori, dengan nomor urut satu selanjutnya Ginanjar Wijayanto dengan nomor urut dua dan April Kurnianto dengan nomor urut tiga, 53 peserta musdes akan diundang H-2,” jelas Sujarwo, SPd kepada wartawan AWI dirumahnya Sabtu (30/10).

Tahapan Pilkades PAW sudah dilaksanakan dari pembentukan Panitia (29/9) yang lalu, penjaringan calon sampai rapat pengambilan nomer pengundian pada tanggal (26/10) yang dihadiri dari unsur Dispermades Kabupaten, Tapem Forkompinca dan Panitia Pelaksana Pemilihan serta dari peserta cakades.” Tahapan Musdes Pilkades PAW sudah dilaksanakan sampai mau tahap pembagian undangan peserta Musdes yang akan dibagi peserta yang berhak mengikuti pada Senin (2/11) mendatang, peserta Cakades dimungkinkan tidak dapat mengetahui siapa-siapa saja yang akan diundang untuk menghidari kemungkinan adanya money politik,kami panlak selalu jujur netral dalam pemilihan ini,” tegas ketua Panlak yang juga Guru di SMA Wanadadi ini.

 

Proses musdes Pilkades PAW Desa Sawangan menurut informasi dianggarkan dari anggaran ADD Desa Sawangan sebesar Rp 28 Juta dan akan berjalan sesuai yang direncanakan.
Ia menegaskan, proses musdes Pilkades PAW diyakini akan berjalan dengan normal dan jujur serta tidak ada gangguan berjalan lancar sesuai yang diharapkan dari ketiga kandidat tentunya semua baik adalah putra Sawangan yang akan memimpin desa.”Untuk tindak lanjutnya, secara resmi sebagai mana peraturan Bupati oleh Panitia akan menjalankan sesuai aturan dan kemudian hasil keseluruhannya dilaporkan kepada BPD.

 

Kemudian BPD selanjutnya melaporkan ke Bupati melalui Dispermades untuk merekomendasikan pelantikan PAW kades terpilih yang langkah-langkahnya berdasarkan Perbup,” paparnya.

 

Salah satu cakades PAW yang bernama Ginanjar Wijayanto kepada wartawan mengatakan dirinya memberanikan diri maju sebagai Cakades PAW karena panggilan hati untuk ibadah meski minim pengalaman. “ Meski saya minim pengalaman karena saya sehari-hari hanya pedagang namun saya memberanikan diri untuk maju karena panggilan hati untuk ibadah,” ucapnya.

 

Dia ketika ditanya andai terpilih akan menjalankan roda pemerintah desa sesuai dan melanjutkan program terdahulu mengayomi dan menata perangkat desa Sawangan menjadi lebih baik. Sementara itu, Tokoh masyarakat Desa Sawangan Ali Mufid mantan anggota DPRD Banjarnegara mengatakan, dan menghimbau kepada semua pihak agar kegiatan pelaksanaan pemilihan kepala desa antar waktu berjalan lancar kondusif aman damai dan terpilih pemimpin yang dapat mengayomi dan mengangkat desa Sawangan.

Ia berharap, kepada Calkades terpilih bisa mengayomi masyarakat secara keseluruhan dalam memajukan pembangunan, baik di dalam pelaksanaan penyelenggaraan pemerintahan desa, pelaksanaan pembangunan, pelaksanaan pembinaan kemasyarakatan dan pemberdayaan masyarakat.

“Sehingga masyarakat di Desa Sawangan secara menyeluruh dapat di ayomi dan sejahtera, dengan semua pihak legowo dan bersatu untuk bersama-sama membangun desanya,” ujarnya.
Selian itu, ia juga berpesan kepada Calkades terpilih untuk lebih berhati-hati dalam menggunakan anggaran desa, baik Dana Alokasi Desa (DAD) maupun Dana Desa (DD).”Harus hati-hati dalam penggunaan anggaran, karena sekarang ini di pantau dan di awasi oleh semua pihak terkait dengan pelaksanaan kegiatan pembangunan,” tutup mantan anggota Komisi 1 DPRD Fraksi PPP.

 

Sependapat dengan tokoh masyarakat sekretaris DPC AWI Banjarnegara Amad Tardi berharap dalam pelaksanaan Musdes Pilkades PAW sesuai dengan peraturan Bupati aman sentosa, berjalan dengan fair sehat, dan terpilih pemimpin yang dapat mengayomi.” Dalam Musdes Pilkades PAW desa Sawangan nantinya sesuai aturan aman kondusif fair,” pungkasnya (one)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*