Program Bantuan Dana Hibah Untuk Organisasi Wartawan Disorot, Begini Penjelasan Kesbangpol

Rokan Hulu – Program bantuan dana Hibah untuk sejumlah organisasi wartawan saat ini sedang berjalan melalui Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Rokan Hulu (Rohul), namun kesannya, akurasi pendataan dan verifikasi, masih menimbulkan tanda tanya.

“Pemberian rekomendasi ke Dinas Kominfo Rohul, informasinya yang beredar group-group WhatsApp, Forum wartawan Rohul terkait dana hibah kepada dua organisasi wartawan yang merangkap Ketua Organisasi Wartawan  yang berbeda,” Kata Rian Alfian yang pernah menjabat ketua Aliansi Wartawan Indonesia Cabang Rokan Hulu, Pada masanya, saat ditemui di kediamanya Selasa (12/10/2021) Pagi.

Alfian yang juga Eks Ketua LPP Tipikor RI, menduga, Kesbangpol Rohul, kesannya, tidak chek and richek dalam verifikasi terhadap organisasi wartawan tersebut

“Sehingga data  Kesbangpol dinilai tidak akurat dalam memberikan rekomendasi kepada Diskominfo Rohul atas program bantuan dana hibah yang bersumber dari APBD Rohul tersebut,” Tegasnya.

Ditambahkannya, seharusnya, pihak Kesbangpol Rohul yang notabene, subtansinya Intelegensi Pemkab Rohul harus selektif terhadap perkembangan organisasi serta dinamika yang terjadi di tengah-tengah Masyarakat

” Kita sebagai Insan Pers yang merupakan kontrol sosial merasa khawatir, dan sebaiknya Kesbangpol harus lebih selektif dalam melakukan verifikasi dan  mengantisipasi secara akurat, jangan sampai ada ormas yang disusupi faham-faham radikalisme dan terorisme,” Ujar Alfian Tob yang akrab dipanggil Bang Gondrong

Ditempat terpisah Kepala Bidang Politik dan Organisasi Kesbangpol Dolla Siregar ketika di konfirmasi terkait masalah ini melalui telepon selulernya, Senin (11/10/2021) mengatakan “Kami hanya menjalankan tugas berdasarkan pencatatan SK kepengurusan organisasi wartawan, ”  jawabanya via Telepon Selulernya.

Sementara Berdasarkan surat Dinas Komunikasi Informatika, Nomor 485 /DISKOMINFO-PIKP/X106, Perihal Dana Hibah Organisasi Kewartawanan.

Berikut nama Organisasi Kewartawanan di Kabupaten Rokan Hulu yang mendapat bantuan dana hibah Tahun 2021 :
1. Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) , Alamat Kecamatan Rambah, Pengurus Feri Hendrawan, terdaftar 16 Oktober 2015.

2. Forum Solidaritas Wartawan (Foswar) Kab. Rokan Hulu, Alamat Kecamatan Rambah, Pengurus Yusrizal, Terdaftar 2 Desember 2015.

3. Persatuan Wartawan Rokanhulu (PWR) , Alamat Kecamatan Rambah, Pengurus Acce Nauli H, Terdaftar 1 November 2016.

4. Ikatan Keluarga Wartawan Rokanhulu , Alamat Kecamatan Rambah, Pengurus Agustian Lubis, Terdaftar 11 Januari 2011.

5. Aliansi Wartawan Indonesia, Alamat Kecamatan  Rambah, Pengurus Rian Alfian,SE, Terdaftar 24 Mei 2017.

6. Ikatan Wartawan Online, Alamat Kecamatan Rambah, Pengurus Acce Nauli H, Terdaftar 29 Januari 2020.

7. Persatuan Wartawan Republik Indonesia, Alamat Kecamatan Rambah, Pengurus Imran Tambusai, SE MM , Terdaftar 26 Maret 2020

Dalam surat Dinas Kominfo Kabupaten Rokanhulu disebutkan berdasarkan surat Kepala Badan Kesbangpol Kab. Rokan Hulu, Nomor 045/BKKP–Pol/104/2020 perihal: Data Organisasi Kewartawanan.
***(TIM)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*