Pelayanan Berbasis Digital Kantor Imigrasi Kelas II Non-TPI Banggai Meluncurkan MMC

 

Banggai- Selain Pelayanan Berbasis Digital, Kantor Imigrasi Kelas II Non- TPI Banggai Provinsi Sulawesi Tengah juga meluncurkan Maleo Command Center (MCC) sebagai pusat kendali untuk mendukung penegakan hukum.

Konsep MCC terdiri atas 3 komponen: Data Analytics, Marine Watch, Eye in the Sky. MCC digunakan sebagai pusat analisis data dan pengintaian jarak jauh yang menggunakan satelit dan sistem informasi geografis(GIS) rilis yang diterima media ini, Minggu(12/09/2021)

Data analytics di Kantor Imigrasi menggunakan konsep business intelligencedalam pengumpulan data dan informasi, Analisis, dan visualisasi data.

Untuk memperkuat pengawasan di Tempat Pemeriksaan Imigrasi di pelabuhan, Kantor Imigrasi Banggai menerapkan konsep Marine Watch yang mengawasi perlintasan laut dengan satelit secara real-time, berisi data dan informasi kapal yang masuk dan keluar Indonesia di wilayah kerja Kanim Banggai.

Progam Eye in the Sky di Kanim Banggai sangat mendukung tim intelijen dan penindakan keimigrasian yang dilengkapi dengan aplikasi SIPOA dalam pelaksanaan pengawasan keimigrasian yang dilengkapi dengan informasi GIS.

Kepala Seksi Inteldakim, Arie V Genhank, menegaskan bahwa fungsi pengawasan ke Imigrasian di Kanim Banggai harus berbasis analisis data dan satelit yang dapat dipantau dari jarak jauh.

Data dan informasi tersebut dianalisis oleh seorang analis data business intelligence Ridwan Arifin, sebagai Kepala Subseksi Informasi dan Komunikasi Keimigrasian.

“Data merupakan komponen penting dalam melakukan pengawasan dan penindakan keimigrasian di wilayah kerja Kanim Banggai,”Tegas Genhank.

Melalui MCC, fungsi pengawasan ke Imigrasian di Kantor Imigrasi akan lebih sangat efektif, efisien, komprehensif, dan kredibel,”Tutup
(Erni)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*