Sri Mulyani Terima Banyak Laporan Penyelewengan Dana Desa

Jakarta – Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengaku menerima banyak aduan melalui akun media sosialnya terkait adanya penyelewengan penggunaan dana desa. dilangsir dari liputan6.com Menurutnya ini menjadi masalah serius yang perlu diselesaikan mengingat banyaknya aduan.

“Kalau di sosmed (sosial media) banyak feedback ke saya, bilang ‘ibu tolong diawasi dana desa bu, kepala desa saya baru beli rumah baru’, dan semacamnya,” katanya

Seperti yang di langsir dari merdeka.com Bendahara Negara ini menjelaskan jumlah desa di Indonesia saat ini mencapai 75.000, di mana masing-masing desa mendapatkan alokasi dana sebesar Rp900 juta hingga Rp3 miliar setiap tahunnya.

Besarnya alokasi ini membuat banyak oknum ingin memanfaatkan untuk keuntungan pribadi. Bahkan ada orang yang ingin sampai menduduki jabatan kepala desa. Di samping dapat gaji, jabatan itu juga memiliki kuasa untuk mengelola dana desa.

“Sekarang banyak yang kepengen jadi kepala desa, karena ternyata dapat gaji secara langsung dari pemerintah, terus ada anggaran pastinya (dana desa). Jadi orang ‘wah seneng juga yah jadi kepada desa’,” ungkapnya.

Bendahara Negara ini menjelaskan jumlah desa di Indonesia saat ini mencapai 75.000, di mana masing-masing desa mendapatkan alokasi dana sebesar Rp900 juta hingga Rp3 miliar setiap tahunnya.

Besarnya alokasi ini membuat banyak oknum ingin memanfaatkan untuk keuntungan pribadi. Bahkan ada orang yang ingin sampai menduduki jabatan kepala desa. Di samping dapat gaji, jabatan itu juga memiliki kuasa untuk mengelola dana desa.(*)