“Berantas Penyakit Masyarakat Sehat” Kadis Kesehatan Morowali Bagikan Buku Sehat Di 4 Desa

Morowali- Launching Proyek Perubahan Taspen Maket(Tas) yang dilaksanakan di Desa Limbo Makmur Kecamatan Bumi Raya Kabupaten Morowali Provinsi Sulawesi Tengah ini Tahapan seluruh rangkaian dalam rangka mengikuti pelatihan kepemimpinan Nasional ke tujuh tahun 2021

“Kepala Dinas Kesehatan Morowali Ashar. Ma’aruf, SE, M.Si menjelaskan kepada para awak media, Sabtu(19/06/2021) Hari ini saya sudah Launching Gagasan atau inovasi yang saya sebut adalah Berantas Penyakit Masyarakat Sehat atau Taspen Maket,” Kata Ashar.

Sambunya, yang menjadi latar belakang atau inovasi ini adalah saya mencoba melihat begitu banyak kasus penyakit yang disebabkan oleh penyakit tidak menular, contohnya Penyakit Hipertensi dan penyakit gula.

Tahun 2020 saya coba melihat kasus-kasus kematian itu untuk Hipertensi sendiri itu sejumlah 70 orang kasus meninggal dan kemudian 49 orang kasus dan ini yang mendasari saya begitu besarnya tinggi kasus kematian akibat penyakit tidak menular, dan Kemudian disebabkan pola perilaku hidup masyarakat yang tidak sesuai dengan standar kesehatan,”Ungkapnya.

Lanjutnya,Tujuan Taspen Maket itu saya coba membuat buku sehat seperti yang saya sampaikan dan disampaikan oleh Bupati dan saya berterima kasih kepada bupati yang begitu sangat mendukung dan menyetujui dari program ini sehingga bisa saya meneruskan nanti kegiatan ini.

Buku ini nanti di setiap keluarga ada dimiliki dan melalui buku ini ada pendidikan kesehatan dikeluarga, sehingga angka sakit dari penyakit tidak menular ini dapat diturunkan. Tahapan pendidikan ini hanya satu dan ini Gagasan Kita, ini dalam posisi pendidikan dimana dalam proses pendidikan itu kita diwajibkan peserta itu harus aktif membuat satu inovasi atas masalah Masing-masing di OPD nya itu sendiri.

Dari dinas kesehatan itu yang bertanggung jawab kesehatan masyarakat, itu melihat masalah sehingga ini yang saya angkat jadi Proyek Perubahan saya. untuk dukungan dari perusahaan PT.IMIP mereka membantu Launching saya dan mencetak buku yang dibagi oleh teman-teman kader di masing-masing masyarakat tersebut.

Kemudian ada memberikan saya bantuan tempat sampah dan ini nanti akan di sebar di Locus, mereka gunakan sebagai mana tidak membuang sampah di sembarang tempat,”Tutup