Pembekalan Dan Pelatihan Tracing Civid-19, Bhabinkamtibmas Diharapkan Mampu Maksimalkan PPKM Skala Mikro Ditingkat Desa.

Gresik-selidikkasus.com Dalam upaya untuk memaksimalkan Penerapan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) skala mikro terus dilakukan.

Kinerja tiga pilar yakni TNI,Polri dan Pemerintah Desa atau Kelurahan, harus bisa dioptimalkan. Salah satunya dalam melakukan tracing kepada masyarakat.

Seperti yang dilakukan oleh Polres Gresik, seluruh personel Bhabinkamtibmas mendapatkan pembekalan dan pelatihan tentang tracing covid-19 di gedung Command Center, Kamis (25/2/2021).

Pembekalan ini dibuka langsung oleh Kapolres Gresik AKBP Arief Fitrianto,SH,SIK,MM sekaligus mendatangkan pemateri dari Dinas Kesehatan Kabupaten Gresik dr. Nur Farida.

Menurut mantan Kapolres Ponorogo, pembekalan ini untuk menambah pengetahuan, peningkatan kemampuan dan efektifitas peran Bhabinkamtibmas sebagai tracer Covid-19.

“Pelatihan ini berhubungan dengan upaya tracing covid-19,”jelas AKBP Arief Fitrianto kepada Wartawan.

Materi yang di sampaikan adalah pengetahuan dasar tentang covid-19, terutama dalam hal pencegahan, penelusuran kontak, pemantauan karantina, isolasi mandiri dan pemberdayaan masyarakat dalam pemantauan karantina atau isolasi mandiri.

Masih kata Kapolres, agar anggota Bhabinkamtibmas sebagai tracer covid-19 dapat memahami tugasnya sebaik mungkin.

Bahkan, pelatihan ini bisa menjadi bekal untuk bisa diterapkan dalam bertugas.

“Kami berharap bisa di emplemetasikan di kehidupan sehari hari dan juga memberikan pemahaman kepada masyarakat,” jelas Kapolres Gresik usai membuka pelatihan.

Kapolres juga menjelaskan, langkah ini diharapkan dapat maksimal guna mempercepat upaya memutus mata rantai penyebaran Covid-19 di Gresik.

Selain itu, Kapolres Gresik AKBP Arief juga berharap para Bhabinkamtibmas bisa lebih terlatih dan meningkatkan kemampuan dalam menangani warga terkonfirmasi covid-19.

“Kami ingin Bhabinkamtibmas pro aktif mensosialisasikan vaksinasi bahwa vaksin tersebut halal dan aman, dan terus edukasi warga terkait disiplin protokol kesehatan dan menerapkan 5M dalan keseharianya.

Sebagai pelaksana PPKM skala mikro, tugas dan peran sangat penting sehingga peningkatan kemampuan dibutuhkan,” pungkasnya.

Lp-Fununul Ihsan