DPRD Gresik Dorong Urus Adminduk Cukup Selesai di Kecamatan.

Gresik -selidikkasus.com Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Gresik Jawa Timur berupaya mendorong adanya administrasi kependudukan (Adminduk) bisa selesai di kantor kecamatan sehingga tak sampai ke dispendukcapil yang berada di wilayah kota.

Wakil Ketua Komisi I DPRD Gresik Syaikhu Busyiri mengatakan jika saat ini pihaknya terus mendorong organisasi perangkat daerah (OPD) terkait agar memanfaatkan teknologi terkini sehingga kepengurusan adminduk bisa selesai di kecamatan.

Politikus PKB ini menyatakan ia mendapatkan informasi di masyarakat jika kepengurusan adminduk yang terlalu ribet dan rumit sehingga prosesnya lama. Utamanya masyarakat desa.

“Jadi tahun depan sudah harus seluruh pengurusan KK, KTP maupun Akta bisa dilakukan diseluruh kecamatan,” ungkapnya saat konfrensi pers pada Kamis (5/11/2020).

Syaiku menambahkan, komisinya juga menerima laporan jika petugas resgister yang ada di desa perannya belum maksimal karena merangkap sebagai perangkat desa.

Maka dari itu, politikus PKB ini juga mendorong dispendukcapil bisa menugaskan petugas di seluruh desa. Nanti, legislatif siap menyetujui anggaran untuk gaji maupun honor petugas tersebut.

“Kami menyiapkan 9 Miliar untuk itu, nanti petugas dispendukcapil di desa bisa langsung update misal ada kematian atau kelahiran sehingga langsung bisa diterbitkam di kecamatan,” imbuhnya.

Anggota dewan lain, Sholahuddin menambahkan pihaknya mendorong agar pelayanan Adminduk bisa dilakukan di seluruh kecamatan bisa segera dieksekusi.

Maka dari itu, dia juga meminta OPD terkait seperti Dispendikcapil dan Diskominfo bisa bersinergi. “Nanti, yang diskominfo bisa menyiapkan IT serta perangkat lain agar bisa diterapkan di kecamatan,” tuturnya.

Sementara itu Kepala Dispendikcapil Khusaini mengungkapkan layanan dokumen kependudukan bagi masyarakat sudah bisa dilakukan dimana saja melalui aplikasi POEDAK (Pelayanan Online pendaftaran administrasi Kependudukan).

Sedangkan untuk cetak dokumen bisa dilakukan di kecamatan. Sampai hari ini sudah ada 9 kecamatan yang bisa mengakses pembuatan Adminduk yakni Driyorejo, Manganti, Benjeng, Kedamean, Cerme, Ujungpangkah, Panceng, Dukun dan Sidayu).

“Kecamatan lainnya masih proses. Pada akhirnya nanti seluruh proses administrasi kependudukan bisa dilakukan di seluruh kecamatan yang ada di Gresik,” tambahnya.

Lp-Fununul Ihsan