Hujan deras di sertai angin puting beliung menerjang pemukiman warga Desa Sundoluhur, Kabupaten Pati.

Pati, Jawa Tengah : Selidikkasus.com-
Hujan deras di sertai angin puting beliung menerjang permukiman warga di Desa Sundoluhur, Kecamatan Kayen, Kabupaten Pati, Provinsi Jawa Tengah, Pada Selasa (22/09/2020) sore, sekitar pukul 15.00 wib.

Akibat terjangan angin puting beliung ini, beberapa rumah warga dan tempat ibadah mengalami kerusakan di bagian genting dan atap rumah. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut, hanya kerugian materiil.

Menurut keterangan H. Ja’far, salah satu warga Dukuh Sunde, Desa Sundoluhur menyampaikan bahwa hampir setiap hari kondisi cuaca di Desa Sundoluhur begitu sangat panas dan tiba-tiba sore ini langit begitu gelap, setelah tak begitu lama turun hujan deras sekali.

“Hujan deras kemudian disusul angin kencang menggulung menghantam atap -atap rumah warga, sehingga atap genting rumah warga dan asbes pada terbang.” ungkap H. Ja’far.

Akibat angin puting beliung, wilayah Desa Sundoluhur yang mengalami kerusakan terparah terdapat di lingkungan RT 04/ RW 01, RT 11,14/ RW 02, RT 19,20,21 / RW 03 .

Djamian selaku Kepala Desa Sundoluhur mengungkapkan bahwa pada peristiwa ini terdapat 2 tempat ibadah (Musholla) yang mengalami kerusakan di bagian kubah dan juga terdapat 10 rumah warga yang mengalami kerusakan dibagian atap genting.

Kini warga bergotong royong membenahi atap rumah yang rusak. Personil Polsek Kayen bersama Bhabinsa dan Pemdes Sundoluhur serta di bantu para Mahasiswa dari Sekolah Tinggi Ilmu Budaya Islam (STIBI) yang sedang Kuliah Kerja Nyata (KKN) berjibaku membenahi kerusakan rumah warga. Karena waktu menjelang malam, kegiatan perbaikan akan di lanjutkan pada keesokan hari.

Sementara itu, Firman S salah seorang Tokoh Pemuda Desa Sundoluhur berharap dengan adanya angin puting beliung ini, agar seluruh warga selalu waspada dan saling bekerjasama dalam mengantisipasi peristiwa tersebut.

(Lp. Koordinator Pati : Sutono)