2 Meninggal dari 126 Pegawai RSUP Persahabatan Yang Terinfeksi Covid-19

Jakarta,Di Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Persahabatan,Jakarta Timur,sebanyak 126 pegawai terjangkit virus corona (covid-19) dalam rentang waktu bulan maret hingga agustus.

Kasus positif covid-19 itu berasal dari 2.141 pegawai yang terdiri dari Dokter,Perawat hingga pegawai nonmedis di Rumah Sakit tersebut.

“Pegawai kami terkonfirmasi sebanyak 126 pegawai sampai hari ini,diantaranya yang positif 75 pegawai,yang sudah negatif 49 pegawai dan yang meninggal 2 pegawai” papar Direktur Perencanaan,Organisasi dan Umum RSUP Persahabatan Yudhaputra Tristanto dalam konferensi pers secara daring,selasa 1/9.

Kata Yudha,agustus terjadi peningkatan pasien positif covid-19 yang cukup masif,baik itu dari masyarakat maupun dari kalangan pegawai RSUP Persahabatan,hingga minggu 30/8 lalu ada 145 pasien dirawat selam agustus,dari angka itu 69 orang diantaranya positif covid-19,67 orang suspek dan 9 orang probable.

1.611 pasien suspek dibulan agustus diterima Poliklinik RSUP Persahabatan,dan jumlah itu lebih banyak dibanding bulan juli yang berjumlah 526 pasien suspek.

“Puncak tertinggi pada 26 agustus 2020 dimana saat itu langsung ditemukan kasus 19 pegawai,sedangkan hari hari sebelumnya hanya sekitar satu atau dua dan tiga pegawai positif” ujar Yudha.

Kata Yudha dalam rentang waktu maret hingga agustus RSUP Persahabatan telah merawat total 2.235 pasien covid-19 dan 5.300 pelasien poli suspek covid-19.

Rochman Arif Direktur SDM,Pendidikan dan Penelitian memastikan bahwa pegawai RSUP Persahabatan yang terpapar covid-19 tidak ada yang menjalani perawatan di RSUP.

“Artinya pegawai yang terkofirmasi positif covid-19 di Rumah Sakit Persahabatan itu sebagian besar ringan” kata Rochman.

Rochman memastikan juga bahwa ratusan pegawai RSUP yang terpapar covid-19 sebagian besar tidak terinfeksi dilingkungan Rumah Sakit tetapi tertular dari lingkungan luar Rumah Sakit.

(Lp Gun’s Kaperwil Jakarta)