Kades Pelanduk Bungkam Saat Dikonfirmasi Terkait BLT, Camat Mandah: Saya Berikan Info Secepatnya

Inhil, RIAU- selidikkasus.com
Isu dugaan terkait BLT Dana Desa, hingga kini, yang diterima masyarakat hanya sampai tahap dua atau dua bulan, yang bulan Juli 2020 belum terbayarakan oleh Kepala Desa Pelanduk, Kecamatan Mandah, Kabupaten Indragiri Hilir, Nuardi.

Padahal semua Desa lain sudah menyerahkan BLT tersebut untuk bulan terakhir, yaitu bulan Juli 2020 berdasarkan pengakuan masyarakat Desa Pelanduk inisial MP dan AZ.

Berikut keterangan MP dan AZ. Mereka meminta Kades Pelanduk segera umumkan secara terbuka kepada kelembagaan masyarakat Desa  dari jumlah 165 KK, siapa saja masyarakat penerima manfaat BLT Dana Desa di tengah pandemi covid-19 ini.

“Karena sudah ada Permendes No 6 tahun 2020 tentang BLT Dana Desa dan aturanya supaya diumumkan secara terbuka kepada masyarakat kususnya Desa Pelansuk,” ungkap MP dan AZ kepada Pewarta yang tidak mau disebutkan indentitasnya secara lengkap.

“Harapan kami, dalam hal ini mewakili masyarakat meminta kepada Tim Gugus Tugas percepatan penangan covid-19 Pemerintah Kabupaten Inhil,agar dapat mekakukan monitoring dan pengecekan di lapangan,” harap MP dan AZ.

Sambung nya, informasi yang kami dapatkan dari nara sumber yang tidak mau disebutkan identitasnya di sini, bahwa penyaluran BLT dana Desa Pelanduk, hanya terealisasi berjumlah 100 KK saja.

“Jika dalam laporan jumlah 165 KK, dan 65 KK lagi dibayarkan ke siapa, ini lah pertanyaan masyarakat kepada Kades Pelanduk untuk menghindari opini negatif ditengah masyarakat Desa,” kata MP dan AZ.

Mereka menambahkan “Supaya dapat dibuktikan dengan pengumuman terbuka agar dapat di lketahui benar atau tidak dana BLT tersebut sampai kepada masyarakat Desa Pelanduk, begitu permintaannya,” terang MP dan AZ.

Camat Mandah, H. Junaidi, S.Sos.M.Si dalam balasan WhatsAppnya kepada media ini, Kamis (13/8/2020) mengatakan, pihaknya sudah menghubungi Kepala Desa Pelanduk, Nuardi untuk meminta klarifikasi kebenaran informasi, namun tidak berhasil.

” Saya sudah berupaya menghubungi Kades Nuardi, namun HP-nya sedang off. Saya akan berusaha untuk menyampaikan hasil klarifikasi dari Kades secepatnya kepada media ini. Saya juga berterima kasih kepada media ini yang selalu proaktif dalam setiap isu yang muncul,” kata Junaidi.

Dalam hari yang sama, media ini juga mengirim konfirmasi tertulis kepada Kades Pelanduk Nuardi. Namun, meski pun Nuardi membaca pesan (contreng 2 warna biru), tetapi tidak membalas alias bungkam hingga saat ini.

Demikian halnya dengan Bupati Inhil, HM.Wardan, MP saat dikonfirmasi serentak dalam hari yang sama terkait belum terlaksananya penyaluran BLT tahap III kepada masyarakat Desa Pelanduk. Namun hingga saat ini Bupati Inhil belum merespon konfirmasi dari media.

Wakil Ketua DPRD Inhil, Edi Gunawan yang dikonfirmasi media ini melalui pesan elektronik, Jumat (14/8/2020). Hingga tayangnya berita ini, Edi belum dapat membalas pesan karena mungkin sedang dalam kesibukan menjalankan tugas sebagai Wakil Rakyat. (Ozi)