Polwan Polres Bukittinggi Melaksanakan Bakti Sosial Dalam Rangka Hut Polwan ke 72

Bukittinggi,Sumbar SELIDIKKASUS.com Sejarah kelahiran Polisi Wanita (Polwan) di Indonesia tak jauh berbeda dengan proses kelahiran Polisi Wanita di negara lain, yang bertugas dalam penanganan dan penyidikan terhadap kasus kejahatan yang melibatkan kaum wanita baik korban maupun pelaku kejahatan.

Polwan di Indonesia lahir pada 1 September 1948, berawal dari Kota Bukittinggi, Sumatera Barat, tatkala Pemerintahan Darurat Republik Indonesia (PDRI) menghadapi Agresi Militer Belanda II, dimana terjadinya pengungsian besar-besaran pria, wanita, dan anak-anak meninggalkan rumah mereka untuk menjauhi titik-titik peperangan. Untuk mencegah terjadinya penyusupan, para pengungsi harus diperiksa oleh Polisi, namun para pengungsi wanita tidak mau diperiksa apalagi digeledah secara fisik oleh Polisi pria

Untuk mengatasi masalah tersebut, Pemerintah Indonesia menunjuk SPN (Sekolah Polisi Negara) Bukittinggi untuk membuka “Pendidikan Inspektur Polisi” bagi kaum wanita. Setelah melalui seleksi terpilihlah 6 (enam) orang Polwan pertama di Indonesia.

Maka dalam rangka memperingati hari lahir Polisi Wanita tahun 2020 tersebut, Polwan Polres Bukittinggi melaksanakan kegiatan sosial. Kegiatan Sosial yang dilaksanakan Polwan Polres Bukittinggi tersebut di lepas secara simbolis oleh Waka Polres Bukittinggi Kompol. Indra Sandy Purnama Sakti, SIK di halaman Polres Bukitttinggi Rabu, 05 Agustus 2020.

Kegiatan sosial yang dilaksanakan yaitu bakti sosial memberikan bantuan sosial berupa paket sembako ke Panti Asuhan Yatim Duafa Mande Kandung yang beralamat di Pakan Sinayan Kec. IV Koto Kab. Agam.

Selain kegiatan bakti sosial, Polwan Polres Bukittinggi juga memberikan tali asih kepada sesepuh Polwan yang berada di Bukittinggi.

Penyerahan tali asih diserahkan oleh Iptu Rosminarti didampingi Polwan Polres Bukittinggi kepada Sesepuh Polwan yakni Peltu Purn Hj. Salaty dan AKBP. Purn. Hj. Syafridawati.

Dan tak luput menjadi perhatian Polwan Polres Bukittinggi terkait Virus Covid-19, oleh karena itu Polwan Polres juga melaksanakan pembagian masker kepada masyarakat yang dilaksanakan di depan tugu bersejarah bagi Polwan Indonesia yaitu Tugu Polwan yang berdiri megah di Pusat Kota Bukittinggi.

lp berita(HumasResBkt).
Kaperwil sumbar