Menjelang Hari Raya Idul Adha;Pemda Aru Menyerahkan Hewan Qurban Secara Simbolis Kepada Panitia Hari Hari Besar Islam

Kepulauan Aru- Maluku- Selidikkasus.com penyerahan hewan Qurban oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Kepulauan Aru kepada Panitia Hari-hari Besar Islam (PHBI)Kabupaten Kepulauan Aru dalam rangka memperingati
Hari Raya Idul Adha 10 Dzulhijah 1441 Hijriah bertempat di halaman masjid Al-Jannah Jl. Sipur Pantai,Kelurahan Siwalima Kecamatan Pp Aru Kabupaten Kepulauan Aru Provinsi Maluku pada 30/7.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut,Wakil Bupati Kabupaten Kepulauan Aru Muin Sogalrey, SE.Sekda Kab Kep. Aru Drs Moh. Jumpa, M. Si.Danlanal Aru Letkol Laut (P) Rama Rimeiar Putra. M. Tr. Hanla.Kapolres Kep.Aru diwakili Wakapolres Kep.Aru Kompol Petrus Pasuw, SH.Perwira Penghubung Kodim 1503/03 Dobo, Mayor arm. Lamusa. SH.Kajari Kep. Aru diwakili Kasi intel Faisal.Ketua MUI Kep.Aru A. Haris Elwahan.Ka. KemenagKep.Aru Drs. Ismail Rumfot.Ketua PHBI Kep. Aru Bpk. Rusli Golap, SH.Imam Masjid Al-Jannah Bpk. Mato Matali.Takmir Masjid Al-Jannah Bpk. Rifa’i Wantonga.serta Para tamu undangan.

Wakil Bupati Kabupaten Kepulauan Aru Muin Sogalrey SE dalam sambutanya mengatakan,Perayaan Hari Raya Idul Adha 1441 Hijriah di Tahun 2020 ini bagi umat islam di seluruh dunia termasuk di Kabupaten Kepulauan Aru, dirasakan sedikit-berbeda dari perayaan Hari Raya Idhul Adha di tahun-tahun kemaren.

Disebabkan karena adanya wabah/pandemi Corona Virus Disease Tahun 2019 atau dikenal dengan istilah (COVID-19) yang sejak beberapa bulan telah melanda dunia termasuk di Negara kita, sehingga dalam merayakan idul adha haruslah kita ikhtiar dengan mematuhi seluruh petunjuk protokuler kesehatan baik dalam menjalankan Ibadah Sholat Id maupun prosesi penyembelihan hewan Qurban.

Hal ini sangat perlu dilakukan guna menjaga diri kita dan orang lain dari penyebaran COVID-19 paling tidak memulai dengan mencuci tangan setiap memulai dan selesai mengerjakan sesuatu, Memakai masker dan menjaga jarak apabila berada ditengah-tengah orang lain.

Semoga dengan menyadari dan selalu berikhtiar dalam pencegahan penularan COVID-19 ini, Kabupaten Kepulauan Aru tetap
berstatus Zona Hijau bebas dari COVID-19 dan dapat terus dipertahankan.ungkapnya.

Bapak/Ibu Sudara/i Para udangan yang saya bangakan,Penyerahen hewan qurban dalam rangka perayaan Hari Raya ldul Adha 1441 Hijriah ini sudah merupakan kegiatan Rutin Pemerintah daerah yang setiap tahun dianggarkan.

Diharapkan jangan sampai dilihat dari segi jumlah hewan yang diberikan, namun lebih dari itu merupakan bentuk perhatian dan kepedulian pemerintah daerah kepada komunitas masyarakat Muslim ‘di Kota Dobo dan sekitarnya, dan insyah Allah akan terus menjadi perhatian kita dalam mengembangkan dan meningkatkan kehidupan beragama di Kabupaten kepulauan Aru.

Sedikit menyampaikan pesan yang tersirat dalam perayaan hari Idul Adha atau ldul Qurban, bahwa ibadah qurban tak lagi dimaknai sebagai proses ritual belaka namun bermakna keteladanan Nabi Ibrahim Alaihissalam yang mampu secara lahiriah mentransformasi pesan keagamaan dalam aksi nyata perjuangan penuh pengorbanan yang diakhiri dengan mendapatkan Ridho Allah, SWT karena berhasil menunjukan Ketakwaan, Keikhlasan dan Kepasrahan seorang Nabi Ibrahim terhadap perintah sang pencipta (ALLAH SWT) untuk menyembelih putra kesayangannya Ismail AS.

Untuk itu maka, spirit ldul Adha dan ibadah Qurban memiliki makna penting.

  • Pertama: makna ketakwaan manusia atas perintah sang khalik
  • Kedua : makna sosial yaitu mendidik umat muslim agar memiliki kepekaan dan solidaritas yang tinggi terhadap sesama, layaknya zakat infak dan sedekah.
  • Ketiga : Makna Bathiniah yaitu bagi kita yang meneruskan Risalah Keislaman agar dapat mengendalikan bahkan membunuh Nafsu Kebinatangan dalam diri yang membuat manusia melakukan perbuatan dosa.

Dari ketiga pesan tersebut, saya mengajak umat muslim di Kabupaten Kepulauan Aru hendaklah diaplikasikan secara kaffah di dalam kehidupan keseharian kita.

Harapan saya kepada Panitia Hari-Hari Besar Islam (PHBI) Kabupaten Kepulauan Aru agar kiranya dapat menyalurkan sumbangsi hewan qurban dari pemerintah daerah ini secara adil kepada para muztahiq yang benar-benar membutuhkan di tiap-tiap masjid di kota Dobo.

Demikian beberapa hal yang dapat saya sampaikan pada kesempatan ini. Atas nama peribadi, keluarga dan Pemerintah Daerah Kabupaten Kepulauan Aru, mengucapkan“ Selamat Hari Raya Idul Adha 10 Dzulhijjah 1441 Hijriah, Mohon Maaf Lahir Dan Bathin”tuturnya.

Usai acara pembukaan di lanjut dengan Penyerahan hewan qurban berupa 3 ekor sapi secara simbolis.
dan Penanda tanganan berita acara penyerahan hewan qurban.

   Lp Kaperwil Maluku